Jumat, 14 Februari 2014

CHEEKY ROMANCE: CHICKLIT DENGAN CITA RASA (DRAMA) KOREA

Saya sengaja memilih Cheeky Romance untuk saya posting pada tanggal 14 Februari yang juga merupakan Valentine Day. Mengapa? Karena selain ceritanya romantis, saya juga ingin memposting review buku yang judulnya ada kata romance atau love, dan saya juga ingin mengucapkan:

♥♥♥
Source  (err moga-moga gifnya ngga provokatif #penyukabromance) 


Judul: Cheeky Romance
Pengarang: Kim Eun Jeong
Penerbit: Haru
Penerjemah: Putu Pramania Adnyana
Penyunting: NyiBlo
Layout: Dedy Andrianto
Jumlah Halaman: 450 Halaman
Segmen: Dewasa Muda, Remaja
Genre: Korean Literature, Romance, Drama, Humor
Harga: Rp 52.000 (20% off from Rp 65.000), beli di bukabuku
Rate : ★★★★ (4 of 5 stars)


Dokter Nasional vs Ibu Hamil Nasional
Nama: Yoo Chae
Umur: 27 Tahun
Pekerjaan: Reporter
Mengapa kesialan selalu akrab dengan diriku. Pertama-tama, pacarku Hee Jae selingkuh dengan seniorku sendiri. Karena kesal, aku iseng-iseng menulis makian terhadap Hee Jae pada situs jejaring kantorku, tapi seperti yang kubilang, kesialan menyukai diriku, karena entah bagaimana saat aku sedang menulis kata-kata makian itu, tiba-tiba saja komputer kantorku mendadak ngehang dan tulisan yang sebenarnya ingin kuhapus itu justru malah berbalik muncul di status jejaring kantorku, dan sial akibatnya aku mendapat teguran sana-sini karena masalah itu. 

Tapi tunggu dulu, itu bukan puncak kesialanku, saat aku sedang melakukan tugas peliputan wisata kuliner yang juga disiarkan secara langsung di TV nasional, tiba-tiba saja muncul orang gila yang mengaku sebagai dokter dan memarahiku hanya karena aku memakan makanan yang dianggap berbahaya untuk ibu hamil. Yang benar saja, sejak kapan aku hamil? Dokter gila itu pasti matanya buta dan salah mengira aku dengan orang lain. Tapi masalahnya adegan itu sudah terlanjur tersebar dan dilihat hampir seluruh masyarakat Korea. Dan yang  yang paling sial, semua orang percaya pada perkataan dokter sinting itu dan malah memberiku julukan ibu hamil nasional. Aku benar-benar dalam masalah besar. 

Nama: So Yoon Pyo
Umur: 31 Tahun
Pekerjaan: Dokter spesialis kandungan. 
Bila ada 1 tindakan yang sangat kubenci dari wanita hamil adalah wanita yang ingin membunuh bayinya sendiri dengan cara menggugurkan kandungannya. Bagaimana mungkin ada wanita yang bisa begitu tega terhadap calon anaknya sendiri. Karenanya, aku sudah tidak suka dengan perempuan tersebut saat aku tidak sengaja mendengar percakapan bahwa ia ingin menghapus bayinya sendiri. 

Karena itulah aku sangat marah saat melihat perempuan itu lagi di sebuah restoran, tanpa rasa berdosa dengan santai dia menyantap kacang merah, ikan fugu dan minum minuman beralkohol. Astaga, perempuan itu benar-benar keterlaluan atau bodoh? Apa dia tidak tahu kalau semua makanan dan minuman itu sangat berbahaya bagi janin. Dan sebagai dokter kandungan profesional, aku So Yoon Pyo tidak akan membiarkan tindakan ceroboh itu terjadi di depan mataku sendiri. 


Tiga Unsur Drama Korea: Ribut, mesra, dan manis seperti gula. 

Membaca buku Cheeky Romance serasa menonton sebuah drama Korea. Jujur, saya termasuk tipe yang biasa saja dengan Hallyu Wave atau popularitas para Idol Pop Korea. Kalau ditanya siapa seleb Korea favorit saya, maka mungkin saya akan menjawab, "tidak tahu" dan dibanding mengidolakan boyband, saya lebih suka ditanya drama Korea atau lagu Korea apa yang saya suka. Jadi intinya, saya biasa saja sih sama segala hal yang berbau K-Pop, tidak benci dan tidak ngefans juga, hehehe. 

Akhir-akhir ini saya lagi demen nonton Running Man, itu lho sebuah acara variety show populer di Korea. Running Man suka mengundang para artis dan pop idol sebagai bintang tamu di acara tersebut. Beberapa bintang tamu sukses membuat saya jadi penasaran untuk menonton drama yang mereka mainkan. Salah satunya adalah Good Doctor. 

video

By the way, Good Doctor is one of the top recommended Korean Medical Drama in 2013, good acting, good music and good storyline. Beberapa tahun ini saya jarang nonton drama Korea karena suka merasa bosan di 2-3 episode pertama, terutama yang kelewat serius dan banyak ngomongnya meski pemerannya para aktor dan aktris senior yang sudah top, tapi Good Doctor berhasil bikin saya betah nonton sampai episode terakhir. Kemasannya mungkin medical drama, tapi intinya tentang memperlakukan dan memberi setiap orang kesempatan yang sama dan sejajar walau orang tersebut cacat.

Back to topic. selesai nonton itu, mendadak mood saya jadi pengen baca buku yang berbau Korea dan tokoh yang profesinya dokter. Dan kebetulan saya ada beberapa novel Korea asli (yang penulisnya memang orang Korea) yang masih ditimbun. Setelah saya pertimbangkan, saya pilih Cheeky Romance sebagai bacaan Asia pertama saya di tahun 2014 ini. Saya tertarik karena unsur komedi dan juga cowoknya yang profesinya dokter kandungan. Kalau dokter spesialis lain mungkin sudah biasa, tapi cowok yang profesinya dokter kandungan? Itu hal baru bagi saya.

Untunglah Cheeky Romance tidak mengecewakan, sekiranya bagi saya. Saya sama sekali belum pernah baca karya penulis Korea sebelumnya, jadi sempat waswas juga takut gaya bahasanya bakal terasa aneh. 

Untuk awal-awal, memang gaya bahasanya agak beda dari novel-novel terjemahan karya penulis bule namun seiring membaca lembar demi lembar, saya jadi terbiasa dan bahkan merasa familiar karena cara penuturannya mengingatkan saya akan beberapa drama Korea. Bukan cuma itu sifat para tokohnya pun terasa sangat drama Korea, adegan berantemnya, rusuhnya, konyolnya, saling sindir, dll. Pokoknya buku ini seperti bentuk text dari drama Korea. 

Dan juga mengapa saya bilang buku ini chicklit? Karena memang ceritanya standar chicklit. Karakter ceweknya (Yoo Chae) awal-awal digambarkan loser. Meskipun berprofesi reporter, tapi ia cenderung diremehkan karena sering tidak mampu menahan emosi dan belum mampu mendapat program acara tetap di stasiun TV tempatnya bekerja. Belum lagi sering tertimpa kejadian yang memalukan karena ulahnya sendiri yang membuat dia jadi bahan tertawaan orang-orang.

Sementara cowoknya (Yoon Pyo) kecuali sifatnya yang tidak sabaran dan kadang bertindak gegabah, boleh dibilang termasuk karakter yang sempurna. Para suster di rumah sakit tempat ia bekerja menjulukinya All Kill. Karena selain ia dokter yang sangat cekatan dan telaten dalam mengurus para pasiennya, ia juga tampan dan tentu saja kaya (secara dokter spesialis yang pasiennya paling banyak githu lho) Nah sudah sesuai dengan rumusan novel chicklit atau Harlequin kan? Tapi yang saya suka adalah, semua kekerenan si cowok dituturkan secara natural atau subtle, ngga digambarkan secara lebay sebagaimana yang suka ada dalam novel romens bule malah cowoknya juga kebagian adegan konyol (dan masih gara-gara yogurt #LOL).

Alert: These parts may contain spoiler.
 
Benci - Musuhan - Sering Ketemu - Jadi Temen - Saling Suka - Jadian - Salah Paham - Putus - .... (baca sendiri)

Kurang lebih seperti itulah plot novelnya. Moga-moga saya tidak spoiler ya. Memang plotnya klise, tapi saya suka karena pengemasannya kocak dan sukses memancing tawa saya saat membaca kejadian-kejadian konyol dan memalukan yang menimpa Yoo Chae (misalkan gara-gara yogurt) LOL.

Sweet as Cupcake

Namun berbeda dengan romens terjemahan penulis Barat yang cenderung sangat intim secara fisik, mungkin karena segmen novel ini sendiri lebih ke dewasa muda dan ditulis dengan gaya timur, saya lebih merasa nyambung dengan hubungan percintaan atau interaksi antara Yoo Chae dan Yoon Pyo. Tidak ada adegan hot yang bikin saya sampai kipas-kipas tapi yang ada malah adegan manis yang bikin saya merasa seperti makan kue tart. 

Misal adegan dari halaman 318:

"Apanya yang lucu? Aku bertanya karena benar-benar penasaran," Yoo Chae menyahut dengan sebal. Tiba-tiba, Yoon Pyo menempelkan tangannya di pipi Yoo Chae. Rasanya seperti terkena angin musim semi yang hangat di tengah udara dingin pagi itu. Begitu mendapat kehangatan dari tubuh Yoon Pyo, seluruh tubuh Yoo Chae rasanya meleleh. 

"Terima kasih karena kau ada di sini."

Yoon Pyo semakin mendekat dan mencium pipi Yoo Chae dengan lembut. 

Lalu adegan hal 319:

Seandainya saja Yoo Chae bisa lebih tenang mendengar perkataannya itu. Yoo Chae tersenyum kaku. Yoon Pyo menarik tangan Yoo Chae ke atas persneling dan memegangnya erat.

"Memang aku yang menyetir, tapi kau bisa ikut mengendalikannya. Tidak hanya saat ini tapi untuk ke depannya juga. Tidak hanya saat menyetir, tapi di waktu-waktu lain juga. Tidak akan ada hal lain yang bisa mengubah hal itu, kecuali diri kita sendiri.
Untuk saya pribadi daripada adegan yang bikin saya kipas-kipas, saya lebih suka adegan yang bikin saya meleleh karena merasakan kelezatan kue red velvet. #lebay

Mungkin satu-satunya yang saya kurang suka adalah epilognya yang terlalu disney happily ever after and everyone get what they want.

Seandainya saja tidak ada epilog dan cerita cukup berakhir sampai halaman 435, mungkin novel ini akan meninggalkan jejak lebih lama di benak saya. Saya akui, saya memang agak masokis kalau menyangkut ending :P

Visualisasi 

Karena dari tadi saya omongin drama Korea, rasanya tidak lengkap kalau saya tidak membahas seandainya novel ini bakal dijadikan drama TV dan memang saya juga ada dengar kabar kalau novel ini juga bakal diangkat menjadi sebuah drama. 

Saya hanya akan bahas 2 pemeran utama saja di sini ya, karena bakal panjang kalau saya bahas detil. Pertama pemeran Dokter So Yoon Pyo. Saya tidak akan memasang anggota boyband sebagai tokoh, karena saya ingin yang lebih ke aktor watak.

Banyak yang membayangkan aktor Song Joong Ki sebagai pemeran Dr. So Yoon Pyo:

Song Joong Ki
Joong Ki juga pernah berperan sebagai mahasiswa kedokteran dalam drama The Innocent Man. Tapi kok saya kurang setuju yah. Wajah Joong Ki terlalu kalem, lembut dan serius untuk karakter Yoon Pyo yang tidak sabaran dan cenderung usil.

Karena itu pilihan saya beralih ke Joo Won untuk sekali lagi memerankan karakter dokter.

Joo Won
Selain cakep, Joo Won punya senyum menawan dan kantong mata yang lucu, selain itu Joo Won juga telah banyak memainkan berbagai jenis peran. Mulai dari pembuat roti, polisi, detektif sampai dokter autis yang punya otak jenius namun memiliki kepribadian anak umur 10 tahun. My only problem with Joo Won, he is too young to play as Dr So Yoon Pyo . Since his age only 26 while Dr So already 31 years old. So I guess I will move to older actors.

Saya punya 2 kandidat Oppa untuk bermain sebagai Dr So, yaitu aktor Hyun Bin (31 tahun) dan Lee Dong Wook (32 tahun). 

Hyun Bin (31 tahun)

Lee Dong Wook (32 tahun)

Keduanya punya killer smile yang bisa bikin jantung wanita jadi deg-degan dan tatapan yang kadang jahil. Tapi sejujurnya waktu saya baca Cheeky Romance, tidak ada satu pun dari ke empat aktor namja tersebut yang ada dalam bayangan saya. Saya malah membayangkan aktor Jae Hee sebagai Dr. So. 

Jae Hee
Mengapa saya membayangkan Jae Hee sebagai Dr So, mungkin karena saya teringat akan perannya sebagai Lee Mong Ryong dalam drama Sassy Girl Chun Hyang (masih pada ingat?) Tuh drama auranya mirip sama buku ini, 2 karakter utamanya ribut melulu, trus kalau adegan mesra juga manis banget dan ada adegan catch me if you can juga. 

Maybe you wondering, why I'm not put Lee Min Ho? Well let's give Lee Min Ho a break, he just at The Heirs, right? Kayaknya saya sudah terlalu panjang bahas aktor, sekarang ke pemeran ceweknya alias Yoo Chae. Saya cuma teringat 2 nama saja yang kebetulan umurnya sama-sama 27 tahun, pas untuk memerankan tokoh Yoo Chae. 

Kandidat nomor 1 adalah aktris Han Hyo Joo:

Han Hyo Joo
Han Hyo Joo bisa tampak cantik juga konyol, karena itulah saya memang membayangkan Han Hyo Joo sebagai Yoo Chae saat membaca Cheeky Romance. 

Aktris kedua yaitu salah satu aktris yang juga bermain dalam Briliant Legacy bareng Han Hyo Joo, yaitu aktris Moon Chae Won dan kebetulan Moon Chae Won pernah berpasangan dengan Song Joong Ki (The Innocent Man) dan Joo Won (Good Doctor), jadi secara chemistry sudah teruji. 

Moon Chae Won
Eniwei busway, saya sudah terlalu panjang bahas casting drama Korea. Pokoknya kalau kalian suka nonton drama Korea atau ingin baca buku comedy romantis yang ceritanya beneran manis seperti madu, saya sarankan baca buku ini deh. 

Buku ini saya sertakan untuk untuk RC:

4 komentar:

  1. buset panjang betul xD

    ini, karena romance banget, belum sempat aku baca udah aku swap sama Inferno Dan Brown :v

    tapi setujuh sih mbak, klo aku emang suka romance yang bikin hati leleh daripada yang bikin kipas-kipas :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan pas nulis ripiu lagi niat.

      iya sih romens banget, tapi romensnya nggak menye-menye kok. Tapi romensnya unyu-unyu :D

      Hapus
  2. Kyaaaa aku histeris duluan liat gif-nya Woobin sama Jongsuk <3
    Suka juga Cheeky Romance ini, karena humornya bikin ngakak banget, meskipun di beberapa bagian ada yg kupikir terlalu lebay (yah, namanya juga versi teks drama korea :p)
    Aku setujunya Dongwook yg jadi dokter Yoon Pyo! Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sih bbrp bagian ada yg lebay tapi untungnya gak selebay bbrp YA

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...