Jumat, 28 Maret 2014

SWEET DREAM GIVEAWAY WINNERS ANNOUNCEMENT


Yaai, akhirnya tibalah saat yang dinanti-nantikan untuk para peserta Sweet Dream Giveaway, alias birthday giveaway, dan sekarang, saatnya pengumuman pemenang. Saya berterimakasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dengan beribet ria mencari jawaban atas kuis yang menjadi prasyarat giveaway ini. Mungkin peserta bisa lebih banyak seandainya giveaway ini:
  1. Tidak mengkhususkan pada tema fantasi saja.
  2. Soal kuisnya susah amat sih (sampai ada yang membandingkan dengan ujian nasional, hehehe), tapi menurut saya sih tidak susah, masih lebih ribet tebak gambar, hehehe.  
Saya memang sengaja mengangkat tema fantasi, selain karena secara pribadi saya demen fantasi, saya juga ingin memberi apresiasi kepada mereka yang suka tema fantasi dengan mendengarkan sedikit pendapat mereka tentang genre fantasi (iyah, ini saya yang kepo saja). Kalau soal kuis, saya cuma mau ada tantangan saja, secara semua jawaban kuis tersebut bisa dicari di google, sekaligus kan bisa nambah-nambah ilmu seputar buku-buku fantasi juga. Sewaktu saya buat kuis, saya sudah test langsung kalau semua jawaban itu ada di google. Sebagai gantinya, saya tidak mencantumkan syarat ribet macam follow ini dan itu, ajak ini dan itu, terus RT 1000 kali. Heheheh.


Sebelum mengumumkan siapa pemenangnya, mari kita jawab bersama-sama kuisnya. Oke? Oke (ala Hazel dan Gus dari TFIOS)

1. Kebetulan orang ini berbagi tanggal lahir yang sama dengan saya dan salah satu kutipannya yang terkenal adalah “The gift of fantasy has meant more to me than my talent for absorbing positive knowledge.” Siapakah orang ini?
Jawaban: Prof. Albert Einstein (ini gampang banget, karena semua peserta bisa menjawab benar).

2. Sebutkan nama 6 guru yang pernah mengajar "Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam" sepanjang Harry bersekolah di Hogwarts? 
Jawaban: (1) Quirinus Quirell (2) Gilderoy Lockhart (3) Remus Lupin (4) Mad Eye Moody/Barty Crouch Jr (5) Dolores Umbridge (6) Severus Snape. Note: jawaban tetap saya anggap benar apabila hanya nama belakang, begitu pula guru no. 4 bila hanya salah satu menjawab, tetap saya anggap benar.

3. Mengambil wujud mahluk apa Patronusnya Albus Dumbledore?
Jawaban: Phoenix/ burung Phoenix.

4. Apa nama toko yang biasa menjual buku-buku text tentang sihir untuk murid-murid Hogwarts?
Jawaban: Florish and Blotts.

5. Dalam The Hunger Games, disebut apakah mahluk-mahluk hasil ciptaan mutasi genetik Capitol?
Jawaban: mutts atau mutation.

6. Berapa jumlah saudara laki-laki yang dimiliki oleh Peeta Mellark?
Jawaban: 2 orang.

7. Alat musik apa yang dimainkan oleh Thorin Oakenshield saat para kurcaci tersebut berada di rumah Bilbo Baggins?
Jawaban: Harpa atau harpa emas.

8. Dalam seri novel The Spook's Apprentice atau Wardstone Chronicle, mahluk gaib apa yang menjaga rumah sang Sang Spook?
Jawaban: Boggart, namanya Kratch. Cukup jawab Boggart saja, tapi kalau pakai nama juga saya anggap benar.

9. Dalam The Bartimaeus Trilogy, siapakah nama jin yang gemar mengambil wujud koki atau juru masak dan mempunyai hubungan frenemy (teman dan musuh) dengan Bartimaeus?
Jawaban: Faquarl :D

10. Nick dan Alan adalah nama 2 orang kakak beradik dalam suatu seri Urban Fantasy berjudul apa?
Jawaban: The Demon's Lexicon (ada yang menjawab The Demon's Surrender, tapi kali ini saya tidak bisa benarkan, karena yang saya tanyakan adalah nama serinya).

Jadi bagaimana? Kalau kalian peserta yang merasa jawaban kalian sama dengan di atas, maka:

lagi demen Joo Won, makanya pakai gif ini

Setelah saya periksa, terdapat 24 peserta yang berhasil menjawab 10 pertanyaan di atas dengan benar. Mereka adalah: Ren, Sulis, F.J. Ismarianto, Dani N, Shienny, Magdalena, Ferina, Alvina, Mute, Mutia Aldina, Astrid, Tammy, Anissa, Nina, Runni, Ira M, Khairisa, Mita, Cynthia, Vania, Ila Aulia, Tezar, Adilia dan Ian Octavianus.

Nah sekarang saat yang sulit untuk saya, yaitu melihat jawaban yang berdasarkan opini. Ada cukup banyak opini menarik dan saya merasakan kesulitan untuk memilih pemenang dan sempat ada keinginan untuk menambah jumlah pemenang, tapi saya harus on budget. Tapi setelah beberapa pertimbangan alot, saya memutuskan 2 jawaban di bawah sebagai pemenangnya.  

Point yang saya lihat di sini adalah, " Apa pendapatmu mengenai perkembangan genre fantasi di Indonesia?

Sebenarnya saya ingin ikut membahas, tapi takut kepanjangan dan rasanya tak tepat membahasnya di sini. Mungkin kapan-kapan saya akan membuat editorial di blog terkait perkembangan genre fantasi di Indonesia.
Oke, langsung saja umumkan kedua orang pemenangnya:

Saya suka dengan jawaban seseorang yang menjawab:
"Dari waktu ke waktu saya melihat perkembangan genre di Indonesia memang meningkat namun sayangnya tetap saja jika dibandingkan dengan kondisi luar negeri, baik dari segi jumlah penulis yang menghasilkan karya bergenre fantasi maupun dari jumlah orang yang mengapresiasi karya fantasi penulis lokal pun masih kurang. Baru saja beberapa waktu kemarin, adik kelas saya ada yang bilang 'Teh, teteh penggemar penulis X juga ya? Dia ada buku baru lho teh, tapi ya gitu sih genre-nya fantasi' (kebetulan memang penulis X ini jarang2 nulis fantasi). Lah terus saya mikir,  memang kenapa kalo dia nulis fantasi? Selama dia nulisnya tetap bagus kan ga masalah, ya intinya ga ada salahnya coba baca karya fantasi-nya penulis itu. Dari kejadian seperti ini kadang saya masih berpikir mengapa ya kita antipati duluan jika genrenya fantasi atau pesimis duluan jika penulis fantasi-nya penulis lokal, tapi kalau ada fantasi karya luar aja hebohnya kemana-mana. Padahal kan banyak karya fantasi dari penulis kita yang bagus-bagus. Yah semoga minat membaca genre fantasi semakin berkembang terutama yang hasil karya penulis Indonesia. :)"

Jawaban siapakah itu? Selamat kepada Vania Pramudita, yang berhak atas hadiah pertama, yaitu buku fantasi pilihan sendiri dengan nominal Rp 150.000

Lalu, pemenang kedua, seseorang yang menjawab:
“Untuk genre fantasi yang berasal dari luar/terjemahan sebenarnya antusiasmenya tinggi, setengahnya kedorong berkat diangkatnya novel tsb menjadi film (LoTR, HarPot, Twilight, Eragon, Hunger Games--malah sebelum ada berita bahwa Hunger Games akan ada filmnya, sang penerjemah pernah curhat bahwa buku terjemahannya kok sepertinya kurang diminati). Untuk yang karya penulis Indonesia, sepertinya calon pembaca masih lebih sering skeptis. Kadang yang terjadi adalah ekspektasi calon pembaca bagus (mungkin karena endorsement) tapi ternyata buku tsb kurang oke, atau buku tsb sebenarnya bagus, tapi pengemasan dari pihak penerbit mengurangi minat calon pembaca, plus promosi dari pihak penerbit yang kadang masih setengah hati. Masih butuh waktu untuk calon pembaca menjadi "percaya" pada kualitas karya lokal.”

Itu adalah jawaban dari Magdalena M. Amanda. Selamat untuk Magdalena, yang berhak memilih buku fantasi pilihan sendiri dengan nominal Rp 100.000

Untuk setiap pemenang yang terpilih, host akan mengirimkan email secara pribadi kepada masing-masing pemenang setelah jam kerja. 

Mohon diperhatikan:
1. Apabila dalam 3 hari tidak ada konfirmasi, maka host akan memilih peserta lain. 
2. Pemenang menerima hadiah hanya dalam bentuk buku. 
3. Host berhak membatalkan kemenangan peserta, apabila pemenang ngotot untuk memilih hadiah di luar ketentuan nominal yang telah dicantumkan atau hadiah terlalu sulit dicari. 

Untuk peserta lain yang belum beruntung, jangan kecewa, mungkin kesempatanmu akan datang pada GA berikutnya dan saya janji, tantangannya tidak akan sulit.  

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wah... jawaban aku bener semua XD

    Selamat ya untuk yang menang :D

    BalasHapus
  3. waaa aku udah bener semua tp belum beruntung :') hahaha

    selamat ya buat yang menaang :D

    BalasHapus
  4. seperti dugaan, jawaban gua ada yang salah XD

    selamat ya untuk para pemenang ^o^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...