Jumat, 07 Desember 2012

Akan Ke Arah Manakah Blog Ini Menuju?

Sejujurnya blog bukan barang baru untuk saya. Sebelum blogger, saya sempat punya blog di forum lautanindonesia, lalu di wordpress walaupun di WP, blog saya benar-benar pemula dan masih baru serta amat teramat sangat jarang di update dan tampaknya berakhir dengan saya tinggalkan. Sistem WP yang ribet dalam hal layout bagi saya yang gaptek tapi menyukai tampilan layout unyu di blog membuat saya enggan meneruskan (yeah I admit it sometimes I'm a quitter). Sedangkan blog di lautan sudah tidak pernah saya buka, karena mengingat saya sudah jarang aktif di forum tersebut.

Kembali ke pertanyaan di judul, yaitu mengenai arah blog saya. Arah blog yang saya maksud disini adalah isi atau content dalam blog saya. Misal apakag blog saya mengenai fashion / mode baju, mengenai film, mengenai makanan, mengenai traveling, fotografi dan lain sebagainya. Sejujurnya saya hanya orang biasa tanpa keahlian yang menonjol.

Walau saya menyukai menonton film di bioskop namun saya tidak cukup  "freak" sampai disebut movie-goers. Film bagi saya hanya sekedar wacana untuk menghibur diri dari kepenatan dan kejenuhan setelah rutinitas sehari-hari (baca: kerja kantoran dari jam 8-5) dan saya selalu melihat review & rating imdb sebagai pertimbangan apakah saya layak mengeluarkan uang untuk film yang akan saya lihat (bagus/jelek). Sedangkan movie-goers biasanya tidak akan terpengaruh rating & review sebelum menonton langsung dan membuktikannya sendiri. Selain itu film-film yang saya lihat biasanya jenis film mainstream bukan indie, dengan kata lain dasar (pemahaman & pengetahuan basic) saya tidak cukup kuat untuk menjadi movie-goers apalagi bikin blog dan mereview tentang film. Sama hal nya ingin bikin blog tentang makanan tapi saya termasuk pemilih soal makanan. Bagaimana dengan traveling, walaupun saya suka traveling tapi tempat yang saya kunjungi hanya sedikit sekali akibat keterbatasan waktu (susah cuti).

Memang sebelumya blog ini saya maksudkan hanya sebagai blog uneg-uneg atau opini mengenai pandangan saya terhadap beberapa hal, tapi setelah saya pikir lagi, akan lebih bagus, kalau blog ini juga membahas sesuatu yang lebih spesifik dan fokus pada suatu hal yang saya sukai (bahasa Inggrisnya mungkin passion) walaupun mungkin saya pikir saya tidak punya keahlian khusus, namun saya selalu percaya Tuhan pasti memberikan talenta terhadap setiap manusia ciptaaanNya. Hanya saja bagaimana talenta itu akan berkembang, tergantung dari manusia itu sendiri.

Satu hal yang saya pasti tentang diri saya adalah,saya suka membaca, mungkin bukan jenis buku bacaan berat atau sastra, namun membaca tetaplah membaca, apapun jenis bukunya. Dalam membaca, otak kita berpikir dengan cara mencoba untuk menangkap maksud dari suatu bacaan.  Bila kita membaca buku novel percintaan makan pikiran kita ikut berimajinasi merasakan emosi dan cinta para tokohnya. Kebetulan kesukaan saya pada buku sudah menjadi hal dasar dalam diri saya sejak kecil. Walapun pada awalnya buku yang saya baca adalah komik :D

Dan karena itu saya putuskan kalau spesifikasi blog saya adalah book review. Selain karena saya suka membaca, saya juga selalu mereview setiap buku yang sudah selesai saya baca, dengan kata lain book review memang sudah menjadi kebiasaan saya, dan saya juga punya account di goodreads. Karena itu review saya akan banyak yang saya ambil dari goodreads tapi bukan berarti semuanya akan sama atau semuanya dicopas, mengingat beberapa review saya di goodreads ada yang kelewat singkat dan terkesan moody bila buku yang saya baca tidak sesuai dengan yang saya harapkan :P

Sebelumnya saya enggan untuk spesifikasi book review karena saya pikir sudah cukup dengan review saya di goodreads tapi setelah saya melihat banyak goodreaders yang juga bikin review di blog masing-masing, akhirnya jadi terpengaruh juga (istilahnya ikut-ikutan) tapi tidak ada salahnya, selain book review toh blog ini juga seperti yang saya tulis di awal, juga akan menuliskan opini dan uneg-uneg saya tentang beberapa hal, termasuk perasaan dan curcol, hehehehe.

4 komentar:

  1. hehe.. gua juga punya banyaaak sekali blog yang isinya campur aduk.. bukannya ngga pengen punya blog yang khusus membahas satu topik tertentu sih, keinginan itu adaa.. tapi kuatirnya begitu dispesifikin, keinginan untuk mengisinya malah lenyap and tuh blog buntut2nya malah terbengkalai, ahahahaha :))

    tapi ga tau kenapa belakangan ini justru tanpa disengaja, blog2 gua malah terpisah sendiri berdasar isi postingannya daaann.. akhirnyaa, gua bikin blog buku juga dhe :D walau yaahh.. isinya belon banyak sihh.. karena dulu2 jarang bikin review and kalau ceritanya kurang berkesan tuh biasanya udah lupa dhe, hahahaha..

    BalasHapus
  2. jujur saya ini orangnya moody. Makanya gabung BBI biar ada yg ngontrol kalau saya malas nge-blog, secara di BBI ini kalau dalam 4 bulan ga diupdate maka keanggotaan kita terancam :D

    BalasHapus
  3. Wakss. Serius, kalau dalam 4 bulan ga update maka bisa dikeluarin? Berarti ada yang mantau tiap blog yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry aku baru liat commentnya.
      Iya, ada polisinya, jadi komitmen BBI sebagai "organisasi para blogger buku" Biasanya ngga langsung dikeluarkan kok. Nanti dikirimin "surat cinta" dulu suruh update blog. Update blog ga melulu review bisa apa aja, misal uneg2 yg penting ada kaitannya sama buku.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...