Kamis, 25 April 2013

CLOSE UP INTERVIEW BBI with ORINTHIA LEE


Hari itu tanggal 15 April, aku dapat DM via twitter dari Mbak Mia. Setelah kulihat ternyata itu tentang target wawancaraku sebagai partisipan dalam Close Up Interview BBI yang juga bagian dari rangkaian acara ultah BBI (Blog Buku Indonesia)

Sejujurnya aku ngga pernah yang namanya wawancara orang, apalagi wawancara orang yang aku ngga kenal atau baru kenal, sempat takut kalau aku bakal ajukan pertanyaan yang akan membuat  wawancara jadi canggung. Tapi bukankah ini tujuannya close up interview? Agar sesama anggota atau BBIers saling berkenalan.

Dalam DM yang dikirim mbak Mia, informasi mengenai target wawancaraku hanya sebuah alamat url atau lebih tepatnya alamat blog. Tanpa pikir panjang aku langsung meluncur ke alamat blog tersebut. Ini alamat blog yang aku dapat http://orinthiaandbooks.blogspot.com/ waktu aku ke blog tersebut yang aku cari tentu identitas atau informasi mengenai sang pemilik blog dan dari sana aku dapat nama yang juga mirip dengan nama blog-nya yaitu Orinthia dan orangnya juga cantik ^^
dan ternyata target wawancaraku berprofesi sebagai penulis (lumayan bisa minta saran nih kalau mau jadi penulis juga :P )

Untungnya waktu awal-awal gabung BBI dan di  invite ke secret group fb-nya BBI, aku sudah ketemu sama Orin dan sudah add fb-nya jadi aku langsung gunakan fitur chatting fb untuk kasih tau kalau Orin adalah target wawancaraku, berhubung pertanyaan yang kuajukan banyak dan mungkin jawaban yang kudapat bisa berupa essay, akhirnya kuputuskan kalau via email adalah yang terbaik karena juga akan memberi waktu bagi narasumber untuk menjawab pertanyaanku, yang mungkin agak aneh, heheheh :D

Oke, kesan pertamaku saat melihat blognya Orin, adalah teduh dan adem, dan warna birunya membuatku teringat akan laut, dan dari gambar headernya, pemilik blog tampaknya menyukai fantasi dan romance, selain itu tidak terlalu banyak widget, dan dari beberapa logo, aku tau kalau pemilik blog juga mengikuti beberapa reading challenge.

Langsung saja kukirim pertanyaan-pertanyaanku (yang kubagi dalam beberapa kategori) via email (note tulisan warna biru adalah komen sotoy saya) dan warna merah adalah jawaban Orin :D

Sebutkan nama lengkap kamu?
Sylviana Purwahariyanto 

Saya lihat kamu ada nama panggilan lain, bisa diceritakan?
Yuki / Orin. Yuki itu nama Jepang pemberian nenek saya yang memang asli sana. Kalau Orin itu singkatan dr Orinthia Lee, nama pena saya. :)

Saat ini domisili di mana?
Jakarta, bersama keluarga

Apakah ada profesi lain selain penulis?
Sementara ini saya cuma bekerja sebagai penulis novel aja. :)

Nenek kan dari Jepang, apa bisa bahasa Jepang ?
Sedikit jepang, sedikit mandarin, sedikit banget korea, Indo lancar, inggris lumayan,  :))

Hobby kamu selain membaca dan buku?
Menyanyi, menonton.

Selain blogspot, apakah kamu punya blog lain?
Tumblr. (BTW, ini tambahan dari aku, untuk teman-teman yang punya tumblr dan mau tau info buku-buku terbaru Orinthia, bisa cek dan follow di http://orinthialee.tumblr.com/ )

Apa yang menyebabkan kamu suka membaca?
Mama (ini sih harusnya "siapa", ya). Awalnya dari Candy Candy. Sebelumnya suka nonton animenya yang direkamin sama mama, terus waktu nemu komiknya jadi baca, deh. Kebetulan mama juga suka jadi selalu dibeliin. Dan mama dulu suka koleksi buku-buku dongeng sebelum tidur yang hardcover, dari situ aku mulai baca cerita yang lebih banyak tulisan ketimbang gambar. Terus makin getol deh baca buku yang lebih tebal.

Mengapa kamu tertarik untuk bikin blog?
Awalnya karena ingin ada tempat untuk menyimpan tulisan-tulisanku, sekalian share sama orang-orang. 

Berapa lama gabung dengan BBI? Mengapa kamu bergabung dengan BBI? bagaimana asal mula kamu tau tentang BBI?
Sekitar 3-4 bulan. Karena ingin berkenalan dengan teman-teman yang punya minat yang sama. (⌒.⌒) asal mulanya tau dari Goodreads, terus diajakin sama Bu dokter AS Dewi buat gabung di grup FB.

Apa genre buku favorit kamu? dan apa buku favorit kamu sepanjang dari semua buku yang pernah kamu baca?  sebutkan alasan kenapa kamu suka buku ini?
Romance, Children dan Fantasy. Buku favorit... Out of My Mind karangan Sharon M. Draper.Pertama-tama... aku memang suka cerita-cerita tentang semangat hidup dari orang-orang yang memiliki keterbatasan seperti ini. Tadinya pun aku ingin menuliskan buku Wonder karangan R. J. Palacio sebagai buku favoritku bersamaan dengan buku ini. Temanya sama tapi ceritanya berbeda. Melody memiliki keterbatasan yang bagi saya sangat membuat depresi. Kalau aku yang berada dalam tubuh Melody, aku nggak yakin bisa bersikap begitu dewasa seperti halnya Melody. Ketegaran dan kekeraskepalaan Melody itu memberikan arti tersendiri buat aku. Dan cerita yang dituturkan Sharon M. Draper pun sangat mengalir. Ada kalanya aku merasa ingin menjitak orang-orang dewasa di sekeliling Melody karena mereka menganggap gadis kecil itu anak terbelakang. Padahal... Melody jauh lebih pandai dari dugaan mereka. Melody itu hebat. Dalam kekurangannya justru ia berjuang dan menghargai hidup lebih daripada orang-orang yang normal.

Siapa karakter favorit kamu dari buku? sebutkan laki-laki dan perempuan (paling banyak 5 karakter)?
Melody dari buku Out of My Mind, Jem dari Clockwork Angel, Simon dari The Mortal Instruments,  Dean Holder dari Hopeless, Luna Lovegood dari Harry Potter. 

Buku apa yang paling mengispirasi kamu dan alasannya?
Tuesdays with Morrie karangan Mitch Albom. Mungkin kamu bisa baca review aku di http://orinthiaandbooks.blogspot.com/2013/01/tuesdays-with-morrie-by-mitch-albom.html Morrie sangat menginspirasi buatku, lebih karena pengalaman pribadi. Semua kata-kata Morrie yang ditujukan pada Mitch Albom itu kembali menguatkan aku, membuat aku teringat lagi pada masa-masa sulit yang pernah aku lewati. Dan aku yakin nggak hanya aku yang akan mendapatkan pengalaman itu ketika membaca buku Tuesdays with Morrie. (BTW reviewnya bagus dan bikin merenung)

Seandainya kau bisa pilih tokoh dalam suatu cerita, kamu mau jadi siapa?
Mau jadi Sky dari Hopeless :p Biar bisa jadi pacarnya Dean Holder. 

Pengarang buku favorit kamu? boleh lebih dari 1
J.K Rowling, Cassandra Clare, Colleen Hoover, Mitch Albom, Sharon M. Draper, Christopher Paolini, Windry Ramadhina, Prisca Primasari, Cecelia Ahern, Rick Riordan, dll.

Menurut kamu apa kendala dunia perbukuan di Indonesia?
Menurut saya buku-buku di Indonesia masih cenderung mahal 

*diikuti dengan anggukan si interviewer, tapi bagaimana dengan biaya cetak, royalti pengarang dan profit penerbit, ah biarlah urursan penerbit*
Apakah kamu punya blog favorit? kalau ada blog siapa dan mengapa?
Saat ini blognya AS Dewi soalnya ada giveaway boxsetnya... *dibuang* (emang sih liat hadiahnya bikin lap iler, saya juga mau boxsetnya terutama yg Ika Natassa, sayang udah ikutan jadi host #eh )

Sekarang aku mau tanya seputar bukunya nih, untuk teman-teman yang suka teenlit, Orin sudah menulis beberapa buku yang rencananya mau diterbitkan tahun ini, kita bahas dulu buku pertamanya yuk :D

Sudah berapa lama menulis? Apa yang membuatmu ingin jadi penulis ?
Aku sudah menulis sejak SMP, tapi waktu itu hanya sekedar suka aja nggak ada niat untuk serius dan moody banget. Yang membuatku ingin jadi penulis.. pertama karena memang suka. Dan dari banyak membaca jadi kepengin juga tuh nulis cerita sendiri. Terus mulai deh nulis cerita-cerita pendek, kasih temen-temen baca. Dan tahun 2010 baru nyobain ikut lomba cerpen, dan menang. Dari situ mulai deh makin terpicu buat lebih serius lagi.

Kalau aku lihat profile, buku pertamamu akan terbit bulan Mei ini. Bisa ceritakan mengenai buku yang kamu tulis ini?  masuk  dalam genre apa? Dari mana dapat ide untuk menulis cerita tersebut?
Why Always Me ini bergenre teenlit, juga merupakan proyek perdana dari penerbit de TEENS yang merupakan imprint dari DIVA Press. Waktu aku mengajukan diri menjadi penulis proyek ini, editor de TEENS memberikan sebuah tema besar yang harus kukembangkan menjadi sebuah cerita.Tema besarnya sendiri adalah perubahan karakter, dari yang buruk menjadi baik dengan perantara tokoh yang berkebatasan. Dari tema itu kemudian aku terinspirasi oleh adik kandungku sendiri yang kebetulan bermulut tajam. Tokoh utama WAM pun memiliki kekurangan di bagian itu. Mulutnya tajam, ucapannya menusuk dan nggak dipikir lebih dulu. ^^
cover WHY ALWAYS ME by Orinthia Lee

Trus balik lagi ke soal reading. Berapa banyak buku yang kamu baca dalam 1 bulan? apakah ada target tertentu?
Nggak tentu, sih. Kalau sedang nggak ada deadline bisa sampai 10 buku. Tapi rata-ratanya 4-6 buku. Kalau lagi ada deadline, sebulan bisa cuma 1-2 buku aja. Nggak ada target sama sekali, kok. Aku baca karena memang sedang ingin aja. :D

Tipe ending macam apa yang kamu suka? kan ada yang happy ending, sad ending, bittersweet ending, tragic ending,  open ending, dll
Tipe ending...
Aku suka baik itu happy ending maupun sad ending, tapi aku kurang menikmati open ending, meski kdg aku tanpa sadar nulis dgn ending kayak gitu... :)) aku paling suka cerita yg menguras emosi (baca: bikin banjir air mata) namun diakhiri dgn konklusi yg manis dan banyak nilai2 yg bisa dipetik dari cerita itu. 



Pertanyaan Berikut kategori favorit diluar buku :D

1. Sebutkan 3 film favorit kamu dan alasannya?
Hmm... ini agak bingung soalnya ada banyak banget =))
Rise of the Guardians - baru ditonton kemarin lusa jadi masih membekas banget ceritanya. Ceritanya sangat menyentuh dan mengandung nilai moral yang bagus sekali. (saya juga udah nonton suka sama Jack Frost-nya, mungkin karena pengisi suaranya Chris Pine #eh apa sih ga jelas)

Battle Royale - udah berkali-kali nonton pun nggak bosen sama ceritanya. Bukannya aku penggemar cerita yang sadis, tapi BR ini sangat menarik karakter-karakternya. Apalagi kalau dilanjutkan dengan baca novelnya. Berasa sekali bagaimana sifat manusia itu bisa 'berubah' di saat yang sangat terdesak.

Kimi ni Todoke - manisssssssssssssssssssss... (nggak tau lagi harus komentar apa =)))

2. Sebutkan 3 makanan favorit :D
Nasi padang, chinese food, salmon ricenya poke sushi :p

3. Sebutkan 3 lagu favorit kamu?
Bound to You - Christina Aguilera
Angel - Sarah McLachlan
If - Taeyeon

4. Sebutkan 3 penyanyi favorit kamu ? band atau solo gpp
Celine Dion, Yui, Ayumi Hamasaki

5. Sebutkan 3 warna favorit kamu?
Hijau, Pink, Putih

Kategori personal :

1 Apa hal yang paling kamu takutkan di dunia?
Kesepian (angguk setuju)

2. Apa cita-cita terbesar atau gol dalam hidupmu?
Bisa membahagiakan orangtua sebelum mereka pergi selamanya. (angguk setuju lagi)

3. Apa saran kamu untuk mereka yang juga bercita-cita menjadi penulis?
Semangat terus, jangan pernah nyerah! Jangan jadikan 'nggak bisa, nggak ada waktu, nggak bakat, dll' jadi alasan untuk nggak mencoba. Kalau memang mau, do it. Jangan cuma jadi sekedar ingin aja. Apa pun bisa asal ada kemauan yang disertai tindakan. (oke semuanya dengerin tuh dan jangan nyerah)

Kategori iseng2 (halah) :

Aku lihat kamu punya account di DA. Berarti bisa gambar donk dan pakai photoshop donk? 
Hehehe kebetulan bisa. Tapi ya hanya gitu-gitu aja, kok. (eh asyik nih, bisa rikuest ga #emangnya siapa loe )

Suka anime dan komik?
Suka. Lebih ke komik daripada anime.

Apa bunga favorit kamu ?
Hmm... Bunga favorit ya... Kalau dari segi keindahan, aku suka bentuk bunga lili yang cantik. Aku juga suka sekali ngeliatin bunga mawar berlama-lama. Tapi kalau dari segi filosofi (cieeh..) aku suka bunga dandelion yang bisa tumbuh di mana aja! Bunga dandelion itu kesannya seperti pejuang yang pantang menyerah. (Sejujurnya ini gara2 nonton/ baca Doraemon wkt kecil dan trs terngiang-ngiang sampai sekarang...). Dan seperti dandelion, aku berharap buku-bukuku nantinya terbang menyebar sampai ke luar Indonesia. (Boleh kan berharap? XD)

Kamu tipe yang suka jalan-jalan (macam nongkrong di cafe atau sight seeing di mall) atau lebih suka di rumah aja? Pernah traveling ke luar kota/luar negeri?
Aku tipe rumahan... Lebih suka diem di kamar, nulis atau baca buku atau melakukan apa aja yg aku suka ketimbang pergi ke Mal atau traveling. Tapi bukan berarti gak suka loh. Kalau ke mal, aku lebih suka nongkrong di toko buku hahahaha (paham, makanya disebutnya anak buku bukan anak gaul) Aku juga suka traveling meski belakangan ini jarang banget melakukannya (maklum dana terbatas :p). Cuma pernah ke Singapore kalau LN. Kalau DN sih seringnya ke Puncak dan Bandung. Paling jauh ke Bali dan Lampung. Suatu hari nanti pengin deh mengunjungi beberapa negara. Moga2 kesampaian! Amin.

Karakter Orin itu seperti apa? (misal introvert, pemalu, ceria, gaul, pendiam, dll)
Karakter aku... Well, setelah bercermin cukup lama (bahasamu, Rin)... Aku melihat aku ini orang yang introvert kalau belum deket sama orang, lebih suka diem dan memperhatikan. Tapi kalau udah deket, apalagi dalam garis sebagai 'teman' dan bukannya 'kakak' atau yang lebih tua, aku ini cukup terbuka. Bisa dibilang cukup cerewet dan berisik. Hahaha.

Aku tipe yang lebih suka jujur kalau ada sesuatu yang aku nggak suka dari teman daripada ngomongin orang di belakang. Aku juga lumayan keras kepala, apalagi pada sesuatu yang aku yakini.

Kalau emosi, iya aku cenderung mampu mengendalikan emosi. Aku bisa menempatkan diri di titik netral, dan krn ini aku sering dijadiin tempat curcol. (Tapi kadang2 suka jebol juga kok hahahaha) 

Soal gaul atau nggak, aku sendiri nggak tau. Aku suka berteman sama siapa aja. Lebih tua ataupun lebih muda. Dan sesuatu yg aku baru sadari, aku bertumbuh secara usia, aku makin tua tapi temen-temen di sekitarku makin jauh lbh muda aja jarak umurnya hahahahaa =)) aku lebih nyambung dengan teman-teman yg tergolong msh usia sekolah / kuliah. Teman2 yg udah usia kerja ke atas jg ada tapi nggak sebanyak yg msh sekolah / kuliah. Mungkin krn hal ini aku jd cocok menulis genre teenlit yah? :)) 

Oh iya aku baru inget satu sifatku, aku susah u/ fokus melakukan 1 hal dlm wkt lama, kecuali sesuatu itu bikin lupa waktu dan bener2 nyita perhatianku. Contoh: aku hampir sll baca buku beberapa sekaligus... Kecuali buku itu bikin aku ga sanggup buat menutupnya sampai cerita abis... :)) dan dalam nulis juga gitu... Aku susah buat berlama-lama ngetik... Ini nih kendala yg bikin aku termasuk lama menyelesaikan 1 novel. Ketika temen2 penulisku bs selesai dlm 2 minggu - 1 bulan, aku perlu 2 bulan! OTL ( saya juga gitu sih, kalau baca suka ditunda lain-lain hal, misal nonton TV, DVD, main games, hang out sama temen, hmm. sekarang saya tau darimana lahirnya ordo atau klan penimbun buku baca kapan-kapan )

Apa yang kamu harapkan dari BBI?
Hmm.. aku ingin BBI makin banyak anggotanya, makin banyak eventnya, makin sering giveawaynya (padahal aku belum pernah ngadain GA). Awet terus ya BBI! :D  

*saya juga mengamini*

Hehehe wawancara boleh selesai tapi tidak berakhir, karena mungkin suatu waktu aku akan minta Orinthia untuk wawancara lagi soal buku, terimakasih pada BBI untuk event ini, karena aku bisa lebih kenal dengan anggota BBI yang lain dan pilihin aku penulis pula dan aku tertarik untuk baca bukunya Orinthia yang temanya fantasi dan romance, secara itu genre favoritku. :D


Dan terimakasih pula buat Orinthia yang sudah rela untuk memberikan waktunya ditengah kejaran deadline untuk menjawab semua pertanyaan saya, termasuk pertanyaan ngalor ngidul gak jelas, senang bertemu dan  wawancara denganmu, saya doakan semoga bukunya bisa selesai tepat waktu dan sukses juga semua cita-citamu tercapai. (Amin ! )

14 komentar:

  1. Tahu nggak, Lin... waktu aku buka blogmu ini, aku lagi dengerin Yiruma hahaa... dan playlistmu di sini pun memperdengarkan Yiruma... bisa pas gitu ya... :p

    Makasih ya udah meluangkan waktu bikin pertanyaan buat wawancara ini. So nice to know someone like you *hug*

    BalasHapus
  2. *hug back* it was fun interview, emang bener sih kalau byk yg bilang di BBI bakal ketemu orang2 sejenis bukan dari kesamaan hobbi tapi juga personality :D

    BalasHapus
  3. Oriiiinnnnnn.....jadi blogku favorit karena GAnya? oh gituuuu? *ngambek* X))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... ntar makin favorit lagi loh kalau aku menang GAnya =)) *dibuang Dewi*

      Hapus
  4. Moga bukunya sukses ya orin :)

    *mana boxset?? ada raflecopter ga? kalo ada ga jadi ikut #GakSante*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Razqa! Doakan yah. Bukunya akan terbit 20 Mei 2013 ini :D

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Penasaran pengen baca bukunya Orin.. Salam kenal ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukunya terbit bulan ini :D
      Dibeli yah, semoga suka :"D

      Hapus
  7. nanti kalau novelnya terbit, aku dikirimi ya Orin xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee... pasti dikirim :">



      ... kalau pesan PO *dor*

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...