Selasa, 25 Juni 2013

10 Things I Hope from GagasMedia #unforgotTEN


Dear Gagas Media,

Sebelumnya aku mau ucapin Happy Birthday to You. Ngga terasa perjalanan Gagas di dunia penerbitan sudah berlangsung 10 tahun lamanya. Aku jujur saja belum banyak buku terbitan Gagas di dalam rak buku milikku, karena terbitan gagas banyak buku-buku romance, yang secara genre, emang bukan tipe aku banget, eitss, jangan salah paham dulu, aku suka romance hanya saja bukan yang sebagai tema utama. Oke, well mungkin alasan aku ngga terlalu suka romance karena selesai baca romance hatiku jadi galau mungkin seandainya Gagas ada terbitin genre favoritku macam fantasy atau science fiction aku bakal banyak punya buku Gagas dalam rak bukuku, eh sorry seharusnya aku ngga membahas tentang diriku mengingat ini ultah Gagas. #cubitdirisendiri eniwei aku suka romance kok karena bikin aku bisa memahami dan merasakan empati dari emosi para tokohnya, cuma masalah keterbatasan dana bikin aku belum banyak beli buku romance *tuh kan ujung-ujungnya soal duit*. 

Aku ingat dulu Gagas ada banyak terbitin buku-buku yang diadaptasi dari film layar lebar dan sekarang kebalikannya, buku-buku Gagas banyak diadaptasi ke layar bioskop. Yang aku suka dari buku-buku terbitan Gagas adalah cover-covernya, cantik banget. Pokoknya cover buku-buku terbitan Gagas itu rata-rata eye candy (dan menurut opini sotoy aku) juga yang termodis dan paling stylish dibanding penerbit lain, seandainya ada Awards siapa penerbit yang paling banyak menerbitkan cover yang artistik dan kreatif, aku yakin Gagas juaranya, untuk itu siapapun tim desain di Gagas, aku acungin jempol untuk mereka. 

Lalu Gagas juga ada terbitin beberapa buku Historical Romance waktu wabah HR sedang melanda dunia perbukuan fiksi romantis di Indonesia, tapi sepertinya untuk sekarang ini karena  genre HR sedang surut demamnya Gagas udah lama ngga terbitin HR lagi (loh, katanya ngga suka romance? kalau ratingnya bagus dan ceritanya ngga biasa yah aku suka). Tapi meskipun begitu aku tetap berharap walau ngga sering-sering amat, Gagas masih mau menerbitkan genre HR, mungkin Gagas bisa adakan polling ke pembaca seputar buku apa yang mau diterjemahkan, kalau aku pribadi sih berharapnya Annie's Song karangan Catherine Anderson karena ceritanya sangat emosional dan menyentuh. 

Tapi sekarang ini Gagas sangat kaya dalam menerbitkan genre, mulai dari fiksi dengan berbagai genre (romance, teenlit, adults) lalu ada non fiksi macam travel-lit (yang aku suka banget, karena keterbatasan waktu dan dana aku ngga bisa traveling sungguhan dan buku-buku travel membantu aku mengetahui suatu tempat tanpa aku perlu pergi ke tempat itu langsung) dan buku-buku humor macam TNSALOA yang menghibur dikala aku sedang stress dan bosan. Kalau sekarang kayanya yang lagi ngetrend itu buku yang berbau Korea yah. 

Ehm, jadi kelamaan di curcol, aku langsung aja yah make 10 wishes for Gagas Media :
  1. Memerkaya genre buku-buku terbitan Gagas, selama ini Gagas kan solid di romance, bagaimana kalau di ekspansi ke genre lain. Misal fantasy, thriller, detektif, oke emang ada sih beberapa buku genre ini yang pernah Gagas terbitkan tapi kok kurang pengenalan yah? (dan ga banyak, selain itu kualitas ceritanya perlu banyak pengawasan lagi kalau mau merebut hati pembaca untuk memilikinya).
  2. Masih lanjut dari point nomor 1, selain karya dalam negeri, buku-buku luar juga banyak yang bikin aku penasaran dan berharap Gagas mau memertimbangkan untuk tetap menerjemahkan dan menerbitkannya (genre apa saja, misal fantasy, YA, HR, New Adults, dll)
  3. Terkait buku terjemahan, ini penting banget, aku berharap setiap buku terjemahan semakin diperbaiki kualitasnya. Sorry to say this Gagas, tapi beberapa buku terjemahan terbitan Gagas itu ngga enak dibacanya. Kalau Gagas mau tau, aku bisa tunjukkan 1 buku yang terjemahannya kurang enak menurutku. 
  4. Sering-sering mengadakan sayembara menulis dan tulisan-tulisan para penulis itu dimuat dalam anthology dan kalau bisa temanya ngga terbatas di romance atau real life fiction.
  5. Bagaimana kalau Gagas sering mengadakan diskon. Sebagai pecinta buku dengan dana terbatas, buku-buku dengan harga affordable adalah impian bagi semua pecinta buku. Diskon di sini maksudku promo githu jadi ngga harus semua buku, misal khusus bulan Juli, buku dengan tema teenlit semuanya diskon 30% untuk setiap pembelian langsung dari gagasmedia.net trus nanti bulan Agusutus tema dewasa/traveling diskon 30-35% dan seterusnya, pasti deh penjualannya lebih meningkat :P
  6. Gagas kenapa jarang banget adain giveaway? sering-sering giveaway donk :D
  7. Moga-moga buku terbitan Gagas dapat menginspirasi dan menciptakan trend daripada sekedar mengikuti trend untuk genre-genre yang lagi in
  8. Sering-Sering adain polling ke pembaca untuk tau selera pembaca. Misal kalau mau terjemahin genre romance dari luar, bisa tanya dulu ke pembaca, buku apa yang mereka harap diterbitin sama Gagas.
  9. Ini sih harapanku untuk tim Gagas bagian teknis, yah moga-moga servisnya lebih ditingkatkan, misal kalau ada buku yang cetakannya cacat, gampang tukerinnya. Kalau perlu bisa di toko buku terdekat yang jual buku-buku Gagas tanpa harus kirim langsung ke penerbit Gagas Media. 
  10. And tenth last thing I hope from Gagas is long live Gagas. Jadi Gagas tetap akan ada dalam 10 tahun berikutnya, lalu 10 tahun berikutnya lagi dan seterusnya. 
Oke Gagas, suratku sampai disini saja yah, mohon maaf kalau ada kata-kataku yang menyinggung, tapi aku harapkan yang terbaik buat Gagas dan juga agar Gagas ke depannya makin maju dan sukses.

Salam,
Lina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...