Kamis, 14 November 2013

LUCKY NO.14 READING CHALLENGE

Apa yang seru dari Reading Challenge? Jawabnya ialah, kita tidak sendirian dalam membaca buku. Selain itu RC juga berguna untuk memotivasi seseorang untuk membaca buku yang malas mereka baca, yang akan berdampak dalam mengurangi timbunan buku. Kali ini saya kembali daftar Reading Challenge yang dihost oleh Kak Astrid dari Books To Share.

Klik gambarnya buat yang mau ikutan.

Dan kebetulan saya juga suka dengan angka 14, karena empat belas adalah tanggal kelahiran saya #GakAdaYangTanya dan sehubungan dengan Lucky No.14, maka tantangannya kali ini meliputi 14 kategori. Apa saja ke-14 kategori tersebut:

1. Visit The Country: Read a book that has setting in a country that you really want to visit in real life. Make sure the setting has a big role in the book and it can make you know a little bit more about your dream destination.

Intinya, buku yang membahas suatu negara, baik itu tempat-tempatnya, budayanya, adat istiadatnya. Saya sebenarnya pengin ke banyak tempat di Eropa dan Asia Timur. Sewaktu membaca tema nomor 1 ini, saya langsung teringat STPC dan kebetulan di timbunan, saya ada 3 seri STPC, yaitu:
Paris: Aline oleh Prisca Primasari.
Bangkok: The Journal oleh Moemoe Rizal.
Melbourne: Rewind oleh Winna Efendi.

2. Cover Lust: Pick a book from your shelf that you bought because you fell in love with the cover. Is the content as good as the cover?

Menilai buku hanya karena kaver semata tanpa peduli isi. Ada 2 buku yang masuk daftar saya karena hal tersebut, yaitu:
Bliss (The Bliss Bakery #1) by Kathryn Littlewood. Jujur, meski ratingnya sedang-sedang saja di GR tapi saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama sama kavernya pas lihat ada gambar kue-kue di dalamnya. Jadi saya tidak peduli bagus atau tidaknya, yang penting kavernya sedap dipadang mata :D
He Was Cool by Guiyeoni. Kavernya cantik, mirip kertas surat Korea. Langsung saya beli :D

3. Blame it on Bloggers: Read a book because you’ve read the sparkling reviews from other bloggers. Don’t forget to mention the blogger’s names too!

Unwind by Neal Shusterman. Saya pertama kali tahu karena banyak yang memposting buku ini sebagai Wishful Wednesday mereka. Dan WW digagas oleh Kak Astrid :P

4. Bargain All The Way: Ever buying a book because it’s so cheap you don’t really care about the content? Now it’s time to open the book and find out whether it’s really worth your cents.

Beli buku karena murah atau obral. Ini banyak sih. Banget. Malah. Saya pilih 2 buku yang kebetulan dua-duanya menang Newbery Medal.
The Tale of Despereaux by Kate DiCamillo. Beli obralan cuma Rp15.000
Savvy by Inggrid Law. Beli obralan cuma Rp 7.500

5. (Not So) Fresh From the Oven: Do you remember you bought/got a new released book last year but never had a chance to read it? Dig it from your pile and bring back the 2013.
The Ocean at The End of The Lane by Neil Gaiman. Terbit di negara asal dan di Indonesia sama-sama  tahun 2013.

6. First Letter’s Rule: Read a book which title begins with the same letter as your name (for me, Astrid means A, and I can read anything that started with the letter A). Remember: Articles like “a”, “an” or “the” doesn’t count :)

Judul buku yang huruf depannya sama dengan huruf depan nama saya. Berarti L. Yang saya ingat, saya ada 2 buku dengan judul depannya huruf L, tapi saya tuliskan 1 dahulu, takut kebanyakan dan nggak sanggup bacanya :P
Liesl and Po by Lauren Oliver.

7. Once Upon a Time: Choose a book that’s been published for the first time before you were born (not necessarily has to be a classic book, just something a little bit older than you is okay. You can read the most recent edition if you want to)

Buku yang diterbitkan lebih dahulu dari tahun lahir saya.
Tokyo Zodiac Murders by Soji Shimada. Di Gramedia memang baru terbit tahun 2012, tapi aslinya di Jepang terbit tahun 1981.

8. Chunky Brick: Take a deep breath, and read a book that has more than 500 pages. Yep, the one that you’ve always been afraid of!

Buku bantal alias buku yang jumlah halamannya lebih dari 500 halaman. Saya nekat baca lebih dari 1 buku bantal untuk tahun 2014, yaitu:
The Host by Stephenie Meyer. Total halaman 770  (eaaaa, nyaris 800).
The Night Circus by Erin Morgenstern. Total halaman 612.
A Tree Grows in Brooklyn by Betty Smith. Total Halaman 664.

9.  Favorite Author: You like their books, but there are too many titles. This is your chance, choose a book that’s been written by your fave author but you haven’t got time to read it before.

Saya cuma ingat 1 buku dari pengarang favorit saya, yang sudah lama saya beli tapi belum kesampaian  untuk dibaca, yaitu:
The Casual Vacancy by J.K.Rowling. Pemanasan sebelum The Cuckoo's Calling.

10. It’s Been There Forever: Pick up a book that has been there on your shelf for more than a year, clean up the dust and start to read it now :)

Buku yang sudah lama dibeli terus ditimbun dan kelupaan dibaca. Nah mungkin saatnya memulai baca.
Anne of The Island by Lucy M. Montgomery. Sudah sejak tahun 2011 atau mungkin 2010 saya beli (_ _")

11. Movies vs Books: You’ve seen the movie adaptation (or planned to see it soon) but never had time to read the book. It’s time to read it now, so you can compare the book vs the movie.

Stardust (Serbuk Bintang) by Neil Gaiman. Saya lama sudah nonton filmnya dan gara-gara banyak yang bilang untuk buku ini bagusan film daripada bukunya, saya ogah beli. Tapi karena ada obral, akhirnya saya beli juga bukunya dan untuk membuktikan apa saya setuju dengan pendapat tersebut atau tidak, saya harus membacanya sendiri.

12. Freebies Time: What’s the LAST free book you’ve got? Whether it’s from giveaway, a birthday gift or a surprise from someone special, don’t hold back any longer. Open the book and start reading it now :D

After D-100 by Park Mi Youn. Menang giveaway di blog Dinoy.
All You Can Eat by Christian Simamora. Kado dari Gagas Media untuk blogger.

13. Not My Cup of Tea: Reach out to a genre that you’ve never tried (or probably just disliked) before. Whether it’s a romance, horror or non fiction, maybe you will find a hidden gem!

Buku-buku sejarah, filosofi atau non fiksi kadang belum apa-apa saya sudah malas duluan membacanya. Meski saya biasanya oke-oke saja sama buku perjalanan, tapi yang biasa saya baca adalah jenis buku perjalanan yang sifatnya turis atau senang-senang. Bukan buku perjalanan serius atau yang membahas makna kehidupan. Karena saya membaca untuk escapism. Karena itu saya mau coba baca: Garis BatasSelimut DebuTitik Nol dari Agustinus Wibowo

14. Walking Down The Memory Lane: Ever had a book that you loved so much as a kid? Or a book that you wish you could read when you were just a child? Grab it now and prepare for a wonderful journey to the past :) Comic books or graphic novels are allowed!

Rada susah ini. Kalau tanya bacaan masa kecil saya, maka jawabnya: komik. Macam Doraemon, Sailor Moon, Candy-Candy. Atau majalah Bobo. Jadi khusus no 14 ini, saya lihat dulu: ada apa di lemari saya.

Ya moga-moga RC ini bisa sukses terpenuhi semua. Hehehehe.

Yang mau ikutan RC ini dan apa saja syarat-syaratnya? Tinggal klik gambar di atas yang akan langsung mengarah ke blog hosting

6 komentar:

  1. Yeeey mbak Lina ikutan ini jugaa. :D

    BalasHapus
  2. waahh. yang sama cuma savvy :))

    BalasHapus
  3. walaaaah savvy cuman 7500 mah beneran bikin sirik to the maaaaxxxxx ;p oiya bliss juga aku gara2 cover nih belinya, jadi memberi ide ;p gudlak ya liiiin, thanks udah ikutan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, hoki bisa nemu, Kak, karena asli keadaannya cakadut. Hehehhe, ternyata Kak Astrid juga banci kaver :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...