Selasa, 04 Maret 2014

FEBRUARY BOOK HAUL: BANYAK TIMBUNAN? SENANG ATAU BEBAN



So, my first random thought post for this year. Tenang, niat saya untuk konsisten memposting review masih kuat, tapi tidak apa-apa kan kalau sesekali diselingi postingan non review macam meme atau random thought :P #iyabilangajamaucurhat. Kebetulan Maret adalah bulan yang spesial untuk saya, selain itu Maret adalah bulan peralihan atau perubahan, dari musim dingin ke musim semi. Kalau untuk zodiac, pengulangan kembali suatu siklus dari dari zodiac terakhir (Pisces the eldest) ke zodiac awal (Aries the baby) jadi saya ingin membuka postingan di blog dengan sedikit opini tidak penting. #apahubungannyacoba



Gambar buku-buku di atas adalah beberapa buku yang telah berhasil saya selesaikan sepanjang 2 bulan ini. Saya termasuk slow reader, jadi memang belum terlalu banyak buku-buku yang sudah berhasil saya baca selama 2 bulan. Dan itulah masalah saya, kemampuan saya membaca buku tidak sebanding dengan kemampuan saya membeli buku.

Saya biasanya menyempatkan untuk membaca setiap malam, sedangkan pagi hingga sore tak memungkinkan karena harus bekerja. Malam pun terkadang suka digoda distraksi seperti internet dan nonton TV/DVD. hal ini ditambah dengan obralan buku yang kian marak akhir-akhir ini, baik di toko buku online maupun offline.

Dan sebagai perempuan, saya juga paling nggak tahan kalau denger kata "sale", dalam benak saya mikirnya, "Kapan lagi gue bisa dapat buku bagus dengan harga murah, belum tentu lain waktu bakal ketemu. Mending beli dulu, baca bisa belakangan." Dan tanpa saya sadari tiba-tiba saja lemari saya sudah tidak muat menampung buku-buku timbunan tersebut. Itu baru masalah ruangan. Sekarang yang terpenting, "Kapan saya membaca semua buku-buku tersebut?"


This is my situation, picture taken from here

Alih-alih saya merasa senang dengan tabungan buku-buku tersebut, saya malah merasa beban, karena memikirkan harus membacanya, jadilah kegiatan membaca yang seharusnya santai dan menyenangkan jadi seperti terpaksa dan diburu-buru karena ingin menghabiskan timbunan, mengingat buku-buku baru akan terus bermunculan, sementara saya payah dalam manajemen waktu.

Sekarang setiap melihat buku bantal alias buku-buku tebal, ada suatu perasaan zipper dalam diri saya, padahal dulu-dulu rasanya tidak seperti itu. Mungkin ini sudah pertanda agar STOP MENIMBUN BUKU.

Eniwei, cukup sudah celotehan lebay saya, karena Aul sedang hiatus, jadi tidak ada BM, tapi saya tetap ingin mencatat buku-buku yang sudah saya beli. Tapi bulan Februari kemaren sedikit kok (serius).


Beli di Bukumoo123:
  1. The Little Prince
  2. The Hobbit Grafik Novel
  3. Dongeng Grimm Bersaudara (ini asli dari Grimm, bukan retelling)



Beli sama Mbak Maria, Hobby Buku:
1. The Cuckoo's Calling
2. Hujan Bulan Juni (buat posbar BBI Maret yang temanya puisi)
3. The Christmas Shoes


Beli sama Babebuku :
1. Kelas Memasak Lilian
2. The Pelican Brief


Beli memanfaatkan diskon 20% di GPU, Tiga Bianglala. 

Sudah segitu doank, sedikit kan :D Target saya bulan Maret ini tidak mau beli apa-apa. Doakan saja semoga berhasil yah, sekiranya kalau beli, timbunan juga sudah harus berkurang. 

Dan inilah timbunan yang rencana saya ingin kurangi untuk bulan Maret ini:


1. The Street Lawyer (sebagai bagian dari event baca  buku-buku John Grisham yang di host sama Books To Share)
2. Paris (sejauh ini RC yang masih belum sempat saya mulai cuma IRRC, karena itu saya rencana membaca Paris sebagai bagian dari IRRC).
3. Explicit Love Story (mumpung mood Korea saya masih ada).
4. Tiger's Curse (buat nambah YARC).
5. The Night Circus (orang bilang ini bagus kisah romance dan fantasi, 2 genre favorit saya, dan untuk mengetahuinya, maka harus dibaca sendiri).
6. Good Omens (supaya bacaan saya tidak terlalu serius, harus diselingi juga dengan bacaan absurd macam Good Omens, hehehe).
  

3 komentar:

  1. Aku kaget pas liat foto pertama. Kirain timbunan Mbak Lina untuk bulan ini segitu. Hihihi XD

    Aku juga rencananya gak mau beli buku di bulan ini. Semoga sama2 bisa terkabul :D

    BalasHapus
  2. hahaha.. biar kata kadang jadi beban tapi seringkali ga bisa berhenti menggoda diri dengan terus menyambangi tempat2 obralan XD untungnya gua ga terlalu tergoda belanja online jadi masih lumayan lah, godaan hanya di akhir pekan aja :D

    BalasHapus
  3. dulu seweaktu masih kuliah bacaku cepet banget, sebulan bisa 20an buku, sekarang setelah kerja turun drastis, syukur banget sehari bisa meluangkan waktu untuk baca karena badan udah capek banget. Sebelum gabung sama BBI dulu aku sering banget kekurangan bacaan, sekarang ini aku malah ikut terjerumus jadi penimbun XD. kadang stress sendiri, pengennya baca semua tapi apa daya kecepatan membaca udah nggak sama seperti dulu :(

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...