Rabu, 05 Maret 2014

WISHFUL WEDNESDAY #29: BUKU HARU

Tidak terasa tahun 2014 sudah masuk di bulan ke-3. Untuk saya pribadi, masih belum ada perubahan yang berarti, keadaan masih berlangsung seperti tahun yang lalu-lalu. Untuk hal buku-buku juga masih sama, timbunan baru berkurang sedikit, baca masih lama (yah, gimana nggak, sekarang aja saya lagi nonton youtube dan dengar cover lagu-lagu) tapi untunglah kalap belanja buku berhasil ditahan. 
Meski tidak niat beli buku (untuk saat ini) tapi sekedar berharap untuk punya beberapa buku saat timbunan berkurang boleh donk. Kebetulan 2 buku yang saya inginkan dalam WW ke-29 ini adalah 2 buku baru dari penerbit Haru. Saya harus acungi jempol untuk Haru, sebagai peberbit muda, Haru berani mengambil pasar yang berbeda dengan beberapa penerbit muda lain. Bila penerbit besar macam GPU dan Mizan grup banyak menerbitkan buku-buku terjemahan barat, sementara beberapa penerbit muda lebih bermain di ranah novel karya penulis lokal, maka Haru mengambil pasar literatur pop Asia. Untuk saat ini yang sering, baru Korea lalu Jepang, dan baru-baru ini ada Mandarin, moga-moga kedepannya makin diperluas lagi negara Asianya dan tentu saja genrenya yang sekarang ini mulai diperluas (selain romens).

Pertama:

Judul: The After Dinner Mysteries
Pengarang: Higashigawa Tokuya
Penerbit: Haru
Harga: Rp 59.000

Sinopsis:
Menyelesaikan kasus sepele seperti ini saja tidak bisa, apakah Tuan Putri sebenarnya bego?”
Kenapa ada mayat bersepatu bot di kamar yang berlantai kayu?
Kenapa ada racun dalam botol anggur yang masih tertutup rapat?
Kenapa ada mayat yang tinggi badannya bisa menyusut?
Hosho Reiko adalah putri tunggal pemilik Grup Perusahaan Hosho yang kaya raya. Gadis ini harus menyelesaikan berbagai kasus pembunuhan yang misterius itu bersama atasannya, Komandan Kazamatsuri. Sialnya, Komandan Kazamatsuri ini tidak bisa diandalkan!
Reiko yang belum lama menjadi penyelidik di Kepolisian Kunitachi akhirnya hanya bisa mengeluh pada pelayannya, Kageyama.
Namun, pelayan tampan ini justru mengejeknya habis-habisan. Tapi, mau bagaimana lagi.... Hanya Kageyama yang bisa memecahkan misteri kasus-kasus pembunuhan itu dengan analisis jitunya.  
Nikmati tingkah konyol mereka dalam tujuh cerpen komedi detektif ini!

Alasan mau buku ini karena:
1. Penasaran sama unsur komedi dan misteri dari novel Jepang ini. Penasaran apa feelnya bakal sama seperti  ketika baca Detektif Conan atau Kindaichi. 
2. Covernya yang anime banget.
3. Saya jarang baca novel Jepang yang penulisannya ngepop. Maksud saya penulis Jepang macam Haruki Murakami itu termasuk yang bukunya bukan jenis yang setiap orang bisa baca karena suka absurd. Sedangkan Eiji Yoshikawa lebih ke hisfic. 

Kedua

Judul: Wishing Her To Die
Pengarang: Jung Soo Hyun
Penerbit: Haru
Harga: Rp 67.000

Sinopsis: 
Kepada Lee Min-ah.
Salam kenal. Aku Yoon Jae-hee. Meski sulit dipercaya, sekarang aku ada di dalam tubuhmu.
Jae-hee
Nasibku sungguh sial: pacarku meninggalkanku, aku tidak lulus audisi musikal, ditambah lagi aku mati ditabrak truk.
Tapi aku mendapat kesempatan untuk merasuki tubuh orang lain meskipun hanya sehari, dan aku mengambil kesempatan itu.
Boleh, kan? Hanya satu hari saja.
Min-ah
Orang pikir aku memiliki segalanya: karier sebagai pengacara di firma hukum raksasa Korea, kecantikan, dan kekayaan. Tapi, aku masih terikat dengan masa laluku. Aku harus menyelidiki semuanya sampai tuntas. 
Namun, kenapa aku membuang waktu mengikuti audisi musikal yang bahkan tak bisa kuingat? Ke mana ingatanku selama beberapa jam itu? Jae-hee? Siapa Jae-hee?
Kenapa sepertinya dia menginginkan tubuhku selamanya?

Alasan mau buku ini:
Dari covernya, saya sempet mengira ini bukunya membahas tentang oplas. Seperti yang kalian tahu, kalau oplas itu sudah jadi rahasia umum dari budaya pop Korea. Rata-rata (tidak semua) para seleb Hallyu terkenal suka oplas, dan bukan hanya seleb yang oplas (yang biasanya dikarenakan tuntutan pekerjaan untuk tampil sempurna) warga biasa pun banyak yang oplas. Ada yang oplas standar macam bikin lipatan mata atau bikin hidung lebih mancung sampai oplas ekstrim yang merubah bentuk wajah sampai beda dari wajah asli. Tapi setelah saya baca sinopsisnya, ternyata saya keliru, ini ceritanya lebih seperti tukar tubuh atau switch body.

Eniwei, tapi meski bukan oplas, saya tertarik dengan ceritanya karena (sepertinya) ada unsur fantasy, thriller dan psikis. Thumbs up untuk penerbit Haru untuk 2 buku terbarunya yang mulai melebarkan genre karena tidak melulu di ranah romens.

Nah, bagaimana dengan Wishful Wednesday kalian:
  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

12 komentar:

  1. Wahh, itu juga aku pengen *lupa masukkin wishlist*

    semoga terkabul ya ci Lina :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Joo, semoga kamu juga

      Hapus
  2. waaahh.. cover haru kali ini kok terasaa.. 'beda' ya? semoga terkabul, Lin ;) *eh tapi itu artinya nambah timbunan donks? ahahaha :D*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kaver haru kan biasanya unyu githu, kali ini ngga, makanya jadi tertarik. Hehehe

      Hapus
  3. Udah lama nggak update buku-buku Haru, ternyata kedua buku itu belum aku tahu ya :D Semoga terkabul :))

    @asysyifaahs
    Wishful Wednesday #7 : Jika Aku Mereka

    BalasHapus
  4. Cover haru yang baru beda banget ya.
    Semoga terkabul ya, Lin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biasanya kaver Haru itu unyu, itu agak gelap githu suasananya.

      Hapus
  5. Aku pengen baca yang Wishing Her To Die. Tapi The After Dinner Mysteries juga kayanya menarik *malah galau*

    Semoga terkabul ya, Mbak Lin :D

    BalasHapus
  6. belum pernah baca buku penerbit haru nih... ada rekomendasi lin? semoga terkabul ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yg lalu-lau banyakan romens, jd aku gak rekomendasi ke Kak Astrid deh secara bukan romens fans. Tapi yang 2 ini kayanya lumayan, secara misteri githu.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...