Sabtu, 06 September 2014

AUTUMN GOODBYE : TIME TO GOOD BYE FOR SOME RC

Picture are taken from here
We'll leave behind the summertime
our hearts, our minds
they will remind
we won't forget
the day we met
the day we cried
Autumn Goodbye

I never promised you a happy ending
You never said you wouldn't make me cry
But summer love will keep us warm long after
Our autumn goodbye, autumn goodbye, autumn goodbye

Ada yang tahu atau kenal dengan lirik lagu di atas? Kalau yang suka dengerin musik tahun 90-an mungkin ada yang merasa familiar. Penyanyinya sangat populer dan dapat julukan The Pop Princess. Hehehe kalau ada yang nebak Autumn Goodbye by Britney Spears, maka kalian dapat nilai 100. Tapi apa sih hubungannya postingan saya sama Autumn Goodbye? Sederhana saja, sama seperti postingan sebelumnya yang tentang Summer, sekarang ini kalau di negara 4 musim, September adalah bulan di mana musim gugur datang. 

Musim gugur adalah musim favorit saya karena musim ini melambangkan peralihan atau perubahan. Saya menyukai cuacanya yang sejuk di mana tidak panas dan  tidak dingin. Saya menyukai panorama daun-daun berubah warna dari hijau menjadi merah atau oranye keemasan. Saya suka akan tampilan hutan saat musim gugur yang seperti hutan peri, sangat indah tapi juga misterius dan mellow. Dan saya menyukai pemandangan saat angin meniup daun-daun yang berjatuhan dari ranting pohon. 

Picture are taken from here
Mulanya saya mengira semua orang pasti suka musim gugur karena cuacanya yang cenderung bersahabat, selain itu kebalikan dari musim semi yang dikenal sebagai waktunya untuk menanam atau memulai, maka musim gugur diperingati sebagai musim panen, karena itu ada perayaan Thanksgiving yang intinya mengucap syukur hasil hasil panen yang didapat. Bahkan di negara-negara seperti Korea atau China, ada perayaan yang bernama mid-autumn festival yang biasa diperingati dengan makan-makan, kue bulan dan masuk dalam hari libur nasional. 

Tapi saya salah karena tak semua orang suka musim gugur, saat ngobrol bareng Indah dari Indah's Books Dreamland, saya bertanya apa musim favoritnya, dan Indah menjawab musim dingin (jawaban yang agak mengejutkan saya karena banyak orang (termasuk saya) yang tidak tahan dingin, namun kalau melihat Wishful Wednesday-nya Indah, saya sangat mengerti alasannya). Sebaliknya, saya bertanya apa musim yang paling dibenci Indah dari 4 musim dan jawabannya adalah musim gugur hehehe. Alasannya juga sangat masuk akal, karena musim gugur melambangkan perpisahan dan hal-hal mellow, kebalikannya musim dingin yang ada perayaan Natal di mana ada perlambang kehangatan dan keceriaan, di mana setiap anggota keluarga berkumpul. 
Picture are taken from here
Back to topic on autumn mellow, karena itulah saya jadi teringat akan lagu Autumn Goodbye Britney Spears. Musim gugur biasanya meliputi bulan September - November. Bulan-bulan di mana kita mulai berbicara rencana untuk tahun berikutnya. Dan meski masih awal tapi saya ingin berbicara mengenai resolusi untuk blog saya tahun depan. 

Nyaris 2 tahun saya mengolah blog dan di akhir tahun kedua inilah konsistensi saya seolah mengalami ujian nyata. Orang bilang, tahun pertama itu paling semangat, tahun kedua baru mulai tampak ujian yang sesungguhnya, yaitu konsistensi melawan rasa jenuh dan malas. Blog buku sangat bergantung pada mood membaca yang masih suka kembang-kempis. Saya tak tahu, mungkin karena saat membaca, badan sedang capek jadinya hal itu ikut memengaruhi minat baca saya. 

Tambah lagi, saya cepat merasa bosan. Rasanya tahun ini, saya hanya memberi nilai rata-rata 3 bintang pada buku-buku yang saya baca. Agak jarang 4 bintang dan hanya sekali 5 bintang dari Januari hingga September ini. Beberapa hanya bacaan yang  numpang lewat di otak dan terlupakan, akibatnya review terasa monoton dan beban. Apalagi saya tipe yang tidak akan lanjut ke buku lain sebelum selesai mereview buku yang saya baca. Karena  saya takut feelnya akan hilang. Mau tidak direview tapi karena banyak ikutan Reading Challenge, saya jadinya mengejar kuota atau target. 

Setelah saya pertimbangkan, akhirnya saya putuskan untuk melepas 1 RC yang paling jarang saya ikuti.  Dari total 7 RC, saya sangat jarang menyetor review  di Indonesian Romance Reading Challenge. Saya akui, saya memang jarang membaca buku lokal. Saya tidak ada masalah dengan buku lokal, tapi kebetulan buku-buku saya banyaknya terjemahan. Mungkin 2 atau 3 tahun lagi, saya akan berusaha perbanyak membaca buku-buku lokal dengan catatan genre di lokal juga beragam dan ceritanya tidak itu-itu saja (cinta dan galau). 

Untuk romance sendiri, saya pernah bahas dalam post saya yang sebelumnya, kalau sekarang ini saat membaca romance, saya cenderung merasa datar dan klise. Jadi kalau pun buku lokal, saya sekarang lebih suka yang non-romance macam politik atau drama keluarga. 

Selain itu untuk tahun depan, antara tidak ikut RC apapun atau seandainya ikut, saya tidak mau lebih dari 2 RC (kecuali RC yang masih berjalan dari tahun sebelumnya). Saya juga ingin: 
  1. Tidak akan mereview semua buku yang saya baca hanya karena kuota Reading Challenge, saya hanya akan mereview buku kalau memang saya ingin atau sangat suka buku tersebut atau ada banyak hal yang mau saya katakan tentang buku tersebut, baik ataupun buruk. 
  2. Tidak menjadi host dari RC apapun. Tapi GA tetap berjalan kok.
  3. Menjual atau GA buku-buku timbunan yang rasanya tidak akan saya baca. 
Semua ini saya lakukan agar saya bisa kembali menikmati saat membaca alih-alih membaca karena diburu-buru akibat timbunan atau review atau challenge

Nah sekarang saatnya untuk memilih buku-buku yang rencana akan dibaca untuk "musim gugur" ini atau periode September - November:


Picture are taken from here
Karena postingan saya ada hubungannya dengan musim gugur, maka saya akan memilih 1 buku dari timbunan saya yang ada kata "Autumn" nya, yaitu:




Untuk bulan Oktober ada season Scorpio, kalau ditanya zodiac matahari, saya akan menjawab Pisces tapi kalau ditanya zodiac bulan, maka zodiac bulan saya adalah Scorpio. Dan zodiac ini erat kaitannya dengan Hallowen, jadi saya berencana ingin membaca buku-buku bertema Hallowen atau horror. 


Psst, nanti Oktober saya rencana mau ada GA Hallowen lho, Ada 2 buku dari bacaan tahun lalu yang saya mau GA tambah 2 buku dari foto di atas. Siap-siap untuk GA bulan depan yah, sementara saya berpikir tantangan yang seru tapi relatif mudah, Heheheh. Dan terakhir untuk November, pilihan buku saya erat kaitannya dengan posbar BBI.


Buku-buku pemenang Newberry Awards. Saya cuma punya 4 buku saja yang belum saya baca. Untungnya buku-buku tersebut rata-rata tipis. Ada yang mau ikutan baca bareng salah satu dari 4 buku di atas untuk bulan November nanti?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...