Sabtu, 29 November 2014

GUA RAHASIA: WALKING DOWN THE MEMORY LANE

Judul: Gua Rahasia (Hidey-Hole) Fabulous Four #5
Pengarang: Enid Blyton
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Penerjemah: Agus Setiadi
Jumlah halaman: 96 halaman
Cetakan 1, Januari 1993
Segmen: Anak-anak
Genre: Petualangan, misteri
Rate: ★★★

Musim buah bram telah tiba. Bobby, Betty & Jocko sangat bersemangat mengumpulkan buah-buah bram liar  yang siap dipetik dari hutan di dekat rumah mereka. Nantinya buah-buah bram yang telah mereka petik akan mereka jual dan hasil penjualannya akan digunakan untuk membantu membelikan sepeda roda tiga untuk seorang anak penyandang cacat  yang miskin. 

Siapa sangka karena memetik buah bram,  ketiga anak-anak itu menemukan sebuah gua rahasia yang tersembunyi di balik semak-semak pohon bram. Jocko, Bobby dan Betty sangat senang dengan gua rahasia tersebut dan mereka menggunakan gua tersebut sebagai tempat persembunyian dan bermain mereka yang baru, termasuk Jiminy, anjing kesayangan Jocko. 

Namun ternyata bukan mereka saja yang menggunakan gua tersebut sebagai tempat persembunyian mereka, karena ada orang lain juga yang menggunakan gua tersebut. Maka dimulailah petualangan Jocko, Bobby dan Betty dalam menyingkap misteri gua tersebut. 

This used to be my childhood book. 

Sebenarnya saya tidak pernah punya buku ini dan juga tidak pernah membaca buku ini saat kecil.  Tapi buku-buku jenis ini atau buku-buku Mrs Enid Blyton adalah buku-buku bacaan saya sewaktu kecil. Sayangnya saya tidak punya banyak buku-buku EB saat kecil, makanya saat Bukumoo mengabari ada buku-buku lama Enid, saya langsung booked dan buy tanpa berpikir 2 kali, hehehe. 

Dari segi cerita sih sangat standar dan tidak ada yang istimewa,  misterinya pun sangat mudah ketebak, yah namanya juga buku untuk anak-anak. Tapi yang saya cari saat membaca buku ini adalah perbandingan rasanya antara dulu dan sekarang. Dan kesimpulannya, saya sudah tidak cocok lagi membaca buku untuk anak-anak banget. Hehehe. 

Mungkin karena ceritanya terlalu pendek juga, jadi feelnya nggak terasa. Walau begitu Enid masih sukses bikin saya pengen tinggal di pedesaan yang berada dekat hutan yang banyak tumbuh buah-buahan liar yang bisa saya petik saat musim panen. Terus pengen merasakan juga piknik di dalam gua sambil bawa limun, biskuit dan coklat, nyam. 

Buku ini sengaja saya pilih sebagai tambahan buku untuk kategori Lucky Number 14 RC-nya Astrid, soal di kategori itu, saya baru  ada 1 review jadi sekalian mau nambahin supaya ada temannya. Dan saya juga sengaja pilih ini, karena bukunya tipis cuma 92 halaman supaya cepat selesai mengingat sudah mau bulan Desember. Hohoho.

   
Reviewed by:

1 komentar:

  1. wahh.. gua belum pernah baca nih buku :D senang ya baca kembali buku2 masa kecil dulu walau yaah terkadang sensasi rasa yang ditinggalkannya beda sih XD

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...