Selasa, 10 Maret 2015

OPINI BARENG | ALUR CERITA: DEUS EX MACHINA



Untuk bulan Maret, opini barengnya mengambil tema alur cerita atau bahasa singkatnya plot. Ada beberapa yang saya pikirkan untuk masalah alur cerita atau plot ini:
  1. Plot device (sesuatu yang digunakan untuk menggerakkan plot cerita, sesuatu itu bisa karakter atau benda. Misal dalam The Lord of The Ring, plot device-nya adalah cincin. Dalam setiap buku Harry Potter, plot devicenya bahkan diberitahukan di judul, misal philosopher stone, kamar rahasia, tahanan Azkaban, turnament tri-wizard, horcrux, dll)
  2. Plot hole (bolong logika atau cacat logika atau ketidak-konsistenan dalam suatu cerita. Pernah membaca cerita dan terasa bingung, aneh atau janggal, bisa saja karena ada banyak hal yang masih membingungkan tapi tidak dijelaskan oleh penulis atau bisa karakter yang tidak konsisten, itu bisa jadi plot hole. Misal karakternya digambarkan takut serangga tapi dengan mudah mengibaskan semut, belalang, kecoak, dll dari tangannya tanpa terlihat panik).
  3. Plot twist (nah, kalau ini favorit saya. Karena plot twist adalah suatu unsur kejutan atau perubahan tiba-tiba dalam suatu cerita. Misal pembaca sudah diarahkan untuk mengira kalau si A akan jadian sama si B, tapi ternyata si A malah naksirnya di C. Contoh  twist paling gampang itu mungkin di video klipnya Carly Rae Jepsen yang Call Me Maybe atau video klip artis K.Pop K. Will yang Please Don't)
Tapi bukan 3 hal di atas yang akan saya bahas, karena akhirnya saya putuskan untuk membahas plot deus ex machina.  Eh tapi apa pula artinya deus ex machina?

Deus ex machina :

A Deus Ex Machina (pron: Day-oos eks MAH-kee-nah) is when some new event, character, ability, or object solves a seemingly unsolvable problem in a sudden, unexpected way. If the secret documents are in Russian, one of the spies suddenly reveals that they know the language. If a protagonist falls off a cliff, a flying robot will suddenly appears to catch them.

The term is Latin for "god out of the machine" and originates in ancient Greek theater.note  It referred to scenes in which a crane (machine) was used to lower actors or statues playing a god or gods (deus) onto the stage to set things right, often near the end of the play. 

These days, deus ex machina has the negative connotation of an utterly improbable, illogical or baseless plot twist that drastically alters the situation, as if the "deus ex machina" came down to give fate that little push.
 
Example: "I liked the movie, but the ending was total crap...they could've come up with a better way to beat the villain than the deus ex machina ending of that guy miraculously coming back to life."

Kalau bahasa gampangnya adalah deus ex machina adalah plot kebetulan atau curang. Pasti kalian sering membaca cerita (biasanya cerita anak-anak atau fantasi) yang karakternya lagi dalam masalah  selalu datang bantuan dengan tiba-tiba dan tepat pada waktunya. Nah itu bisa masuk kategori deus ex machina.

Seperti pada  review Percy Jackson 2, saya ada mencontohkan beberapa faktor kebetulan yang sangat kentara. Plot kebetulan atau curang ini kadang suka dituding sebagai cara gampang atau malas pengarang saat kehabisan ide dalam mengeksekusi suatu adegan dalam cerita. Walau tentu saja ini relatif, karena menurut saya tidak mengapa memakai deus ex machina selama eksekusinya tidak kentara sehingga tidak terlihat terlalu kebetulan atau maksa.

Menurut saya ending anti-klimax juga termasuk dalam plot kebetulan. Pernah kan baca buku di mana penjahatnya digambarkan super kejam dan megalomaniak tapi ternyata kalahnya kelewat mudah yang bikin kita pas baca merasa, "Udah? Cuma githu doank matinya?"

Yah segini saja pembahasan saya mengenai alur atau plot. Bila teman-teman ada mau menambahkan, silakan.

2 komentar:

  1. penjahatnya digambarkan super kejam dan megalomaniak tapi ternyata kalahnya kelewat mudah yang bikin kita pas baca merasa, "Udah? Cuma githu doank matinya?"

    gua ngerasa githu pas nonton x-men 3 XD walau tentu aja gua mengharapkan the good guys-nya yang menang tapi aduh.. kurang sreg bangets ama ending-nya.. padahal pihak lawannya tuh digadang2 berkekuatan super and armadanya banyak bener eh kalah donks ma segelintir pasukan-nya wolverine..

    BalasHapus
  2. ooh, i see.. ternyata ada berbagai macam plot ya. buatku paling favorit juga plot twist, rasanya puas banget terkecoh di akhir cerita, walaupun kadang sebel juga (dasar galau) hihihihiii XD

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...