Senin, 17 Desember 2012

A WALK TO REMEMBER

✮✮✮½
  • Judul Buku  : Kan Kukenang Selalu
  • Pengarang   : Nicholas Sparks
  • Penerbit       : Gramedia Pustaka Utama

Saya sudah lama baca buku ini, jadi saya sudah agak lupa, seingat saya cerita ini mempunyai formula bad boy yang jatuh cinta pada nice girl. Landon cowok bengal dan anak orang kaya di sekolah jatuh cinta pada gadis lugu dan baik hati anak seorang pendeta. Awalnya Landon juga tidak bakal mengira bisa jatuh cinta sama Jamie, tipe cewek yang dianggap aneh sama semua orang karena dianggap terlalu baik. Sayangnya kebersamaan Landon & Jamie terancam ketika Jamie dinyatakan menderita Leukimia dan sekarat. (BTW saya sampai ubek-ubek lemari untuk cari buku ini dan ternyata ada, walau sudah disampul plastik tetap kuning-kuning dan kucel)

Yang saya suka dari novel-novel karangan Nicholas Sparks adalah cara dia mendeskripsikan cinta tuh benar-benar indah. Cinta tidak melulu mengenai ketertarikan fisik semata atau manisnya masa-masa pacaran tapi Sparks mendeskripsikan cinta itu unconditional. Yang dimaksud unconditional adalah cinta tanpa syarat yang tidak mengharapkan pamrih atau balasan dan bagaimana sikap pasangan ketika cinta itu diuji saat masa-masa sulit . Istilahnya cinta sejati itu mengutamakan kebahagiaan orang lain dibanding kebagaiaan diri sendiri. Berapa banyak di dunia ini yang seperti itu, bahkan boleh dibilang saya sendiri tidak percaya cinta sejati itu ada, mungkin unconditional love itu hanya kasih seorang ibu pada anaknya. Tapi untuk pasangan? 

Ada alasan mengapa di blog saya melabeli buku itu sebagai "love story" daripada sekedar novel romance, karena memang novel ini adalah cerita cinta, bukan sekedar cerita romantis atau cinta bergelora. 

BTW soal endingnya, tampaknya Sparks memang sengaja membuatnya ambigu dan meninggalkan jawabannya untuk pembaca. Saya sendiri ingin percaya bahwa mukjizat itu nyata dan terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...