Minggu, 30 Desember 2012

ECLIPSE (TWILIGHT #3)

✮✮✮
  • Judul Buku : Eclipse (Gerhana)
  • Pengarang  : Stephenie Meyer
  • Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama
Sinopsis :

Edward sudah kembali pada Bella, tapi masalahnya kali ini Bella juga ternyata mencintai Jacob. Bagi Bella, baik Edward maupun Jacob sama penting dan berharganya. Dan Bella sudah merasakan itu karena dia menikmati saat-saat bersama Edward dan Jake. Lalu di kota timbul masalah baru, karena banyak orang yang menghilang dan ditemukan dalam keadaan tewas terbunuh, belum lagi masalah dari Victoria, salah satu dari vampir kawanan James di buku 1 yang marah dan ingin membalas dendam pada Bella, karena kekasihnya Laurent dibunuh oleh kelompok manusia serigala pimpinan Jacob karena saat itu Laurent ingin membunuh Bella(buku 2).

I also have review in english (sorry about my bad grammar)

Technically this book is well written, the plot enough settled although some parts are prolonged . But I also laugh when I read this book, and the quotes I wrote here is the main story of Eclipse.

Bella : "I love you Edward, I can't live without you."
...and on later pages

Bella : "I love you Jacob, kiss me."
...and Bella enjoying kiss with Jake

Edward said he won't push Bella to choose between him or Jacob, because he knows Bella also love Jacob and Bella said,
"Yes, I love Jacob but I love you more."

And Edward understand and didn't angry at all although his heart is hurt by the fact that Bella also loves Jacob and Edward also ask Bella to marry him first when Bella begs Ed to making love with her. (Wow, I finally little understand why many girls crazy about Edward Cullen, he is really real gentleman,  but still unreal for me)

okay, continue...
Jacob understands that Bella choose Edward over him, and offer her a loyal friendship, he won't ask more, he is happy as long as Bella happy (O, Jacob is so sweet, but I feel sorry for him because he fell in love with the wrong girl) but Bella said,
"Already too late for that Jake, how can we become friend, if we love each other like this?" 


And later Jacob asks, did Bella will relieve, if Jacob finally found another girl to love, since Bella already have chosen Edward, and Bella answered,
"I don't know Jake, I think I will jealous to her."

Weird, I really don't understand what Bella want, but actually she already knew about herself, a selfish and greedy girl who loves 2 good boys and do not want to loose neither of them. 

Kesan saya :
Sejujurnya saya bingung mau bikin sinopsis seperti apa untuk buku ke-3 seri Twilight saga ini, karena ceritanya cuma muter-muter sekitar dunianya Bella saja. Dan boleh dibilang saya benar-benar sulit untuk bisa menyelesaikan membaca buku ini, dan saya pernah ada membaca sebuah review di web sosial networks khusus buku kalau ada yang bilang karakter Bella di buku ke-3 ini menjadi egois, astaga sejak buku pertama juga Bella sudah egois, hanya saja di buku ke-3 ini sifat egois Bella semakin jelas. 

Sepertinya Meyer terlalu asyik membuat cerita mengenai imajinasi liarnya melalui tokoh Bella sampai lupa pada isi buku itu sendiri, macam arah ceritanya yang di buku ini mandeg hanya seputar Bella-Edward-Jacob saja yah benarnya arah cerita sudah ada cuma plotnya dipanjang-panjangain melalui adegan-adegan tidak penting tanpa maksud dan dialog yang dilebih-lebihkan. Saya baca buku ini dengan sistem ff alias fast-forward alias banyak bagian yang saya skip atau lewatkan terurtama bagian Edward-Bella. 

Yang lumayan  dari buku ini: 

Cerita mengenai legenda manusia serigala ala Meyer yang sayangnya penjabarannya terasa kaku dan membosankan karena diceritakan panjang lebar melalui seorang tetua suku yang ternyata legendanya ngga jauh-jauh dari cinta juga (hufff)

Karakter Rosalie Hale, mungkin setelah Carisle Cullen, vampir yang saya suka di keluarga Cullen adalah Rosalie. Masa lalu Rosalie sangat tragis dan kebalikan dengan Bella yang ingin menjadi vampir, Rosalie bila bisa ingin menjadi manusia kembali.  Sebagai salah satu  karakter dalam Twilight saga menurut saya Rosalie ini ditulis dengan baik dan masuk akal dibanding beberapa karakter lain.  Mengapa saya bilang begitu, karena karakter macam Edward dan Jacob sangat dunia khayal, jadi  fantasy pada Edward dan Jacob justru bukanlah sosok vampir dan serigala mereka tapi karena perlakuan mereka pada Bella yang kelewat berlebihan terutama setelah apa yang Bella lakukan pada Edward dan Jacob. Mungkin kalau ada pilihan pernikahan poliandri, Bella akan memilih untuk bisa memiliki Edward dan Jacob sekaligus. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...