Sabtu, 05 Oktober 2013

BOOK REVIEW : NEVERWHERE

✭✭✭½
Judul Buku : Neverwhere
Pengarang : Neil Gaiman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Penerjemah : Donna Widjajanto
Jumlah Halaman : 448 Halaman
Segmen : Dewasa
Genre : Fantasy, Petualangan

Cerita :

Richard Mayhew hanya seorang pria biasa yang punya kehidupan normal yang sangat sempurna. Dia punya karir dengan masa depan menjanjikan, tinggal di sebuah apartemen dan punya tunangan yang cantik. Pada suatu malam, dia menemukan seorang gadis gelandangan yang berdarah dan terkapar di jalanan. Richard yang baik hati segera menolong gadis tersebut dan merawatnya.

Namun setelah menolong gadis itu, secara mendadak kehidupan Richard berubah, dia tidak punya pekerjaan, kehilangan rumah, tunangannya, sampai identitasnya sendiri. Richard bingung karena setiap orang yang pernah dikenalnya tiba-tiba bersikap seolah-olah tidak mengetahui dirinya, begitu pula setiap orang yang ia temui seakan-akan tidak dapat melihat dirinya.

Sampai Richard bertemu dengan seorang pria gelandangan yang ternyata bisa melihat dirinya, dan melalui pria ini Richard tau bahwa untuk mendapatkan jawaban atas semua perubahan hidupnya, dia harus bertemu lagi dengan Door, yaitu si gadis gelandangan yang telah ditolongnya. Maka masuklah Richard ke dalam dunia yang disebut London Bawah, suatu tempat yang berisi hal-hal yang aneh yang tidak pernah Richard bayangkan dalam hidupnya.

Di London Bawah, Richard berusaha bertemu dengan Door di sebuah tempat yang bernama pasar terapung, rupanya Door sedang mengadakan audisi mencari pengawal untuk membantunyamenemukan pembunuh keluarganya dan juga melindunginya dari 2 orang pembunuh bayaran kejam yang melukainya di malam dia bertemu Richard.

Richard yang merasa tidak ada pilihan, memutuskan untuk ikut bergabung bersama Door dan rombongannya dengan harapan setelah semua permasalahan Door dan orang yang ingin membunuhnya selesai, dia bisa mendapatkan jawaban bagaimana cara kembali ke London Atas dan mendapatkan kehidupannya kembali.

London Bawah penuh hal-hal menarik, mulai dari pasar terapung yang tempatnya selalu berubah, monster ganas, kegelapan yang seolah hidup, pemukiman di saluran pembuangan, stasiun kereta bawah tanah bahkan ada malaikat jatuh. Silakan baca dan nikmati petualangannya sendiri.

My thought :

Ini pertama kalinya saya baca buku karangan Mr Gaiman. Dan jujur memang terasa aneh, mungkin karena sebelumnya saya terbiasa membaca buku yang ceritanya cenderung hitam dan putih atau serius. Jadi saya merasa ganjil saat membaca buku Neverwhere ini. 

Buku ini lebih menceritakan petualangan Richard dan Door di London bawah, karena itu bagi saya yang suka dengan eksplorasi perasaan pada karakter merasa ada sesuatu yang kurang, saat baca buku ini. Karena buku ini lebih menekankan ke sisi fantasynya daripada sisi emosinya. 

BTW, sebenarnya saya sudah lama membaca buku ini, tapi coba reread (sekilas doank, gara-gara beres-beres rak buku kemaren). Dan memang ada rasa beda (saat membacanya) antara dulu dan sekarang. Mungkin karena genre bacaan saya sudah lebih bervariasi. Sekarang saya tidak merasa seaneh dulu saat membaca buku sejenis ini, entah apa karena sekarang pandangan saya terhadap beberapa hal menjadi cenderung abu-abu seperti Mr Gaiman atau banyaknya genre yang saya baca setahun belakangan ini membuat saya lebih receptive (mudah menerima) cerita dan gaya bahasa yang aneh dan absurd?

4 komentar:

  1. Wah, ini bukunya dapet udah lama ya, Mbak? Saya nyari bukunya mas Neil yang dulu-dulu udah pada out of stock semua. :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh udah lama buangett, itu juga pas beli udah gak ada lagi di toko buku macam gramed. Akhirnya nemu di kutubukuonline

      Hapus
  2. dunianya Gaiman emang ga biasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru baca 1 sih buku Gaiman, makanya penasaran mau baca yg lain.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...