Sabtu, 04 Januari 2014

NEW AUTHORS READING CHALLENGE 2014

Ah, rasanya saya tidak jera terus menerus mengikuti reading challenge. Reading challenge kali ini adalah yang kedua kali saya ikuti yaitu:


New Authors Reading Challenge 2014 yang di host oleh Ren dari Ren's Little Corner. Alasan saya kembali mengikuti ini adalah karena ini RC yang relatif cukup mudah bagi saya mengingat, setiap tahun pasti akan selalu ada buku-buku dari penulis-penulis yang karyanya belum pernah saya baca sebelumnya. 

Ini adalah peraturan utama untuk RC ini:
1. Durasi challenge ini adalah setahun. Dimulai dari tanggal 1 Januari -31 Desember 2014

2. Buku yang dibaca hanya buku fiksi.
Berikut ini adalah buku yang tidak termasuk dalam reading challenge ini : Komik, Graphic Novel, Buku Non Fiksi (biografi, travelogue, dll), Kumcer (Anthology), Novella dan Novelette (cerpen)

Catatan 1 : Jumlah halaman minimal buku yang bisa masuk dalam challenge ini adalah 200 halaman. Jika kalian membaca versi ebook, silakan gunakan versi paperbacknya sebagai acuan (bisa dilihat di Goodreads atau Amazon). Jika tidak ada versi paperbacknya, silakan mengacu pada ebook yang kalian baca
Catatan 2 : Untuk kategori Gagas Duet, mohon tidak dimasukkan bila dalam 1 buku ada dua cerita yang hanya memiliki kesamaan melalui tema, bukan merupakan satu cerita yang utuh.

3. Harus karya pengarang yang baru bagi kalian. Jadi belum pernah dibaca sebelumnya. Apakah debut masuk? Boleh. Apakah karya lama (misal genre classic) masuk? Selama pengarang itu tidak pernah kalian baca karyanya, maka diperbolehkan.

4. Diperbolehkan membaca baik edisi terjemahan maupun edisi bahasa asli (Inggris, Korea, Jepang, Jerman, etc). Pengarang dari Indonesia maupun dari luar negeri diperbolehkan.

5. Tidak diperbolehkan re-read (membaca ulang)

6. Jika buku yang dibaca adalah bagian dari serial, hanya buku pertama yang masuk dalam challenge ini. Buku selanjutnya tidak dihitung. Tetapi tidak masalah jika by accident, kamu malah membaca buku yang ke-2 atau ke-3, selama itu kali pertama kalian membaca buku karya pengarang yang bersangkutan.

7. Satu pengarang satu buku. Jadi jika nanti ada entri double saat update progress, saya berhak untuk menghapusnya

8. Boleh digabung dengan reading challenge lain, baik dari blog ini, blog - blog lain atau challenge di Goodreads.

9. Tidak wajib membuat master post. Saya tahu bikin master post kadang agak males juga ya, jadi untuk opsi ini tidak saya wajibkan :). Jika kalian tidak membuat masterpost, mohon setelah mendaftarkan link blog kalian di linky yang saya sediakan di akhir postingan ini, sebutkan level yang akan kalian ambil di kolom komentar.
Bagi yang tidak punya blog, bisa membuat shelf di Goodreads dengan nama shelf "Challenge New Author RLC 2014", dan silakan daftarkan linknya di linky yang disediakan. Jika tidak punya Goodreads dan blog, silakan hubungi saya.

10. Level challenge "New Authors" :

Easy : 1-15 buku
Middle : 15-30 buku
Hard: 30-50 buku
Maniac : > 50 buku

Naik level diperbolehkan, jika peserta mengambil level Easy, Middle, dan Hard. Mohon untuk memberitahukan ke saya di postingan ini jika ingin naik level :)

11. Tidak wajib untuk mereview. Jika ingin mereview, bisa menulis review di blog maupun Goodreads. (atau di notes FB). Saya percaya sama teman - teman untuk tidak curang dalam challenge ini :)

12. Pendaftaran dibuka mulai hari ini (2 Januari 2014) dan dibuka sampai 1 Desember 2014. Peserta dibebaskan untuk mendaftar kapan saja.

13. Update reading progress akan dibuka setiap dua bulan sekali. Dan akan diadakan giveaway untuk peserta yang mengupdate progressnya saat link update dibuka. Boleh mendaftarkan reviewnya atau wrap up untuk update reading progress.

14. Blogger yang menjadi partisipan, mohon untuk mencantumkan button reading challenge ini di masterpost (jika membuat) dan sidebar blog kalian. 

Untuk hadiah dan giveawaynya, silakan lihat langsung dari postingan Ren dengan mengklik gambar di atas yang langsung menuju blog-nya Ren.

Untuk level, saya ambil level:
Middle (15-30 buku)

Alasan saya ambil level middle  karena tahun ini ada beberapa buku sekuel yang saya baca dan juga ada beberapa buku yang sifatnya non-fiksi dan kumcer.

Untuk kali ini saya tidak akan post daftar buku yang rencana saya baca, selain karena alasan utama saya tidak hafal dengan buku-buku timbunan, saya sekarang ingin membaca sesuai mood dan suka-suka hati saya.

Untuk yang tertarik ikutan, saya ingatkan sekali lagi, lihat caranya dengan mengklik gambar button di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...