Senin, 13 April 2015

HAPPY 4TH ANNIVERSARY TO BBI


Happy 4th Birthday to BBI. Nyaris 3 tahun sudah saya bergabung dengan BBI, karena sudah 3 kali pula saya ikut GA Hop di BBI. 

Gabung di BBI itu membuat saya:
  1. Membuat bacaan lebih variatif. Sebelum gabung BBI, rata-rata buku yang saya baca itu terjemahan atau buku-buku karya penulis luar, karena saya kurang percaya sama buku-buku penulis lokal tapi sejak gabung BBI, saya dapat banyak rekomendasi buku dan mulai mencoba buku-buku novel lokal dan ternyata banyak yang bagus dan tidak kalah dari penulis luar. See, saya menjadi orang yang tidak lagi dangkal dan lebih menghargai karya penulis dalam negeri.
  2. Lebih memahami orang lain dan lebih menerima perbedaan. Perbedaan apa? Perbedaan pendapat dan cara pandang terhadap apa saja yang menurut  perspektif saya berbeda. Pokoknya sebelum gabung BBI saya ini lebih judgemental, namun sesudah gabung di BBI dan ikut grup chats WA-nya saya banyak mendapat pencerahan mengenai pola pikir dan belajar untuk tidak menghakimi seseorang.
  3. Banyak teman. Dan terkadang anehnya lebih mudah curhat di grup WA dengan teman BBI daripada dengan orang rumah. Dan profesi para BBIers yang bermacam-macam membuat saya lebih tahu banyak informasi. 
  4. Banyak informasi seputar dunia buku dan penulisan dari beberapa temen-teman BBI yang juga berprofesi penulis ataupun bekerja di penerbitan.
  5. Sama seperti teman-teman lain, gabung BBI mengasah kemampuan menulis kita dalam merangkai kata-kata, meski hanya sekedar review di blog. 
Itu kan efek positif, ada nggak efek negatif kalau gabung BBI? Kalau efek negatif, saya yakin semua anggota BBI pasti pada kompak menjawab, "Timbunan buku jadi tinggi menggunung." 

Maka itu beberapa member BBI juga ada buat berbagai macam RC untuk bantu menghabiskan timbunan. 

Singkat saja sih mengenai kesan dan pesan saya sepanjang gabung bersama BBI karena saya mau lanjut baca lagi, heheheh. 

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...