Kamis, 23 Juli 2015

OPINI BARENG JULI 2015 | SIDE-KICK CHARACTERS

Bulan Juli ini, mood membaca saya maupun mood menulis di blog rasanya mencapai titik terendah yang pernah ada. Tidak ada satu pun buku yang selesai saya baca selama bulan Juli ini. Saya juga ragu apakah bisa ikut posbar Juli atau tidak, padahal saya punya beberapa buku yang bertema anak nakal. 


Eniwei, busway, tema opini bareng bulan Juli ini cukup menarik, yaitu mengenai karakter pendukung. Karakter pendukung memang tidak tampil sebanyak karakter utama, namun ada kalanya mereka justru lebih mencuri perhatian dan bahkan lebih disukai dari karakter utama. Hal itu bisa karena sifat dan karakter mereka lebih menarik dibanding sang pemeran utama atau penulis banyak memberikan mereka jatah adegan-adegan menarik dan lain-lain. 


TOP 5 FAVORITE SIDE-KICK CHARACTERS FROM THE BOOKS I REVIEWED:

Carlisle Cullen dari Twilight Saga by Stephenie Meyer. Meski saya tidak menyukai novel Twilight, namun saya juga bukan seorang hater. Karena itu kalau ditanya, adakah tokoh yang saya suka dari novel Twilight? Maka jawaban saya adalah, ada dan dia adalah Carlisle Cullen. Dokter Carlisle adalah ayah dari Edward, tokoh utama pria dalam Twilight dan sama seperti Edward, Carlisle juga vampire. Alasan saya suka sama Carlisle, sederhana saja. Carlisle itu sangat bijaksana, humblegentle, have a kind heart dan punya control diri yang bagus (misal tidak menjadi lepas kendali hanya karena melihat dan mencium bau darah). Saya selalu suka sama karakter cowok yang punya sifat-sifat di atas. 


Rosalie Hale dari Twilight Saga by Stephenie Meyer. Masih dari seri novel yang sama yaitu Twilight Saga. Alasan saya suka Rosalie adalah karena sebagai vampire dia itu anti mainstream. Penulis menggambarkan vampire itu keren banget dalam universe Twlight Saga, karena mereka sangat kuat, abadi, punya kekuatan super dan selalu terlihat luar biasa cantik atau tampan. Namun dalam suatu adegan, Rosalie mengakui jika ada pilihan untuk bisa kembali menjadi manusia, ia ingin menjadi manusia kembali. Dan ia memberi saran bijak agar  Bella berpikir masak-masak sebelum mengambil keputusan. Pokoknya Rosalie ini tegas dan punya sikap banget deh. 




Pangeran Raffin dari Graceling by Kristin Cashore. Saya suka karakter pangeran Raffin yang baik hati dan sangat pedulian, selain itu dia juga tertarik pada bidang farmasi atau pengobatan dan banyak menghabiskan waktu dengan membaca buku. Yang membuat saya kagum adalah kepeduliannya yang sangat terlihat terhadap orang-orang yang disayanginya, meskipun itu membuatnya jadi terkesan cerewet. 

Lettie Hempstock dari The Ocean at The End of The Lane by Neil Gaiman. Penulis menggambarkan karakter dewasa dan anak-anak sekaligus dalam tokoh Lettie yang memang dari fisik masih anak-anak namun dari usia sudah hidup sangat lama. Lettie sangat pintar, bijaksana dan pemberani. Lettie bukan hanya berani dalam menghadapi musuh dan kekuatan jahat, namun juga berani berkorban demi melindungi temannya. Menurut saya Lettie salah satu karakter perempuan tangguh tanpa harus berusaha terlihat tangguh.

Silas dari The Graveyard Book by Neil Gaiman. Sosok Silas dalam The Graveyard Book digambarkan misterius, bijaksana, serba tahu, sangat protektif terhadap tokoh utama dan juga kebapakan. Saya suka bagaimana Neil Gaiman tidak pernah menyebutkan bahwa ia vampir namun membuat membaca menerka-nerka apa sebenarnya Silas ini?
Top 5 side-kick characters from Harry Potter series:

  1. Severus Snape. Salah satu karakter paling kompleks dan well-develop yang pernah saya baca. Penulis sukses membuat karakter yang awalnya dibenci pembaca menjadi karakter paling mendapat simpati di Harry Potter. Kisah hidup Snape yang kelam dan tak pernah merasakan cinta, bahkan dari kedua orang tuanya sendiri membuat pembaca terenyuh. Namun yang membuat Snape dikagumi oleh banyak fans Harry Potter adalah meski Snape tak pernah merasakan cinta dan cintanya pada Lily tak berbalas, ia justru mempunyai kemampuan mencintai yang begitu besar dan tak lekang oleh waktu. "After all this time? Always." 
  2. Hermione Granger. Adakah pembaca yang tak suka padanya? Kalau pun ada, saya rasa lebih karena iri, hehehe. Jika ada pertanyaan siapa karakter perempuan dalam buku yang kamu harap jadi sahabat dalam hidupmu? Dengan mantap, saya akan jawab Hermione Granger. Alasannya? Cerdas, bisa diandalkan, selalu tahu harus bertindak bagaimana saat ada kesulitan, setia kawan. Kurang apa coba?
  3. Albus Dumbledore. Siapa sih yang tidak ingin punya kepala sekolah yang selalu membela muridnya? Albus juga bijaksana dan tidak pernah menghakimi seseorang hanya karena kekhilafan semata. Saya ingat di buku Harry Potter and The Half Blood Prince, ada 1 adegan, di mana Albus meminta Harry untuk tidak menghakimi ibu Voldemort, karena hidupnya selama ini sudah menderita.
  4. Luna Lovegood.  Luna adalah pribadi yang unik dan eksentrik. Terkadang Luna seperti hidup dalam dunianya sendiri, tapi dia salah satu karakter pendukung yang cukup mencuri perhatian dalam Harry Potter karena karakternya yang unik. 
  5. Dobby, sejujurnya saya tidak terlalu menyukai Dobby, karena ada kalanya dia menyebalkan. Tapi Dobby salah satu karakter paling setia dan berdedikasi terhadap Harry Potter, bahkan saking berdedikasinya, ia rela mengorbankan nyawanya.

Sebenarnya ada banyak karakter yang saya suka dalam Harry Potter macam guru-gurunya, seperti Remus Lupin, Prof. Minerva McGonagall, dll. Namun bisa panjang kalau saya bahas semua. 

Nah, bagaimana denganmu? Siapa karakter pendukung favoritmu?

2 komentar:

  1. wajahnya Carlisle Cullen mirip tokoh antagonis di FF Advent Children yak, apa cuman perasaan saya.

    Btw, Snape ini salah satu contoh karakter yang sukses dibenci lalu ditwist sebegitunya oleh JKR, yah selain Itachi ya. Saya nangisnya udah gak ketulungan waktu nonton film terakhir di bioskop sampe temen2 yang nonton bareng sama saya simpatinya itu pindah ke saya x_x (plus diejek sama penonton lain di belakang karena nangisnya keras, haha)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh wajah Carlisle mirip Sephiroth? Aku nggak ngeh :D

      Iya kalau nonton part A Prince Tale di youtube masih berasa sedih.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...