Rabu, 14 Agustus 2013

DEAR JOHN

✭✭✭✭
Judul Buku : Dear John
Pengarang : Nicholas Sparks
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Barokah Ruziati
Jumlah Halaman : 392 Halaman
Segmen : Remaja - Dewasa Muda

Apa arti cinta sejati ?

Bahwa cinta berarti kau mendahulukan kebahagian orang yang kaucintai daripada kebahagiaanmu sendiri, tak peduli betapa menyakitkan pilihan yang mungkin harus kauhadapi. ~ epilog Dear John

Kalimat yang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan.

Lama berkutat pada buku-buku fantasy, Young Adult, saya memutuskan untuk refeshing dan merenung sejenak dengan bacaaan bergenre real life drama. Dan Nicholas Sparks adalah pilihan yang tepat. Saya tau buku-buku karangan Sparks rata-rata mempunyai ending yang bikin terenyuh para pembacanya, bukan tipikal drama 100% happy end, tapi drama yang mirip dengan kenyataan, di mana dalam kehidupan ini, kita tidak bisa selalu medapatkan apa yang kita inginkan. Selain itu yang saya suka mengenai Sparks adalah pengarang selalu memberikan drama tentang pergumulan hidup, dan saya yakin setiap manusia selalu mengalami pergumulan/struggle dalam kehidupan mereka. Membuat pilihan antara dilema. 

Sinopsis :
John pemuda pemberontak yang tidak puas akan kehidupannya, memutuskan untuk masuk militer demi menemukan tujuan hidup. Pada suatu musim panas, John bertemu dengan Savannah di pantai dan juga menolong gadis tersebut tersebut dari suatu masalah. Pertemuan John dan Savannah di pantai hanya sebentar namun justru  pertemuan singkat itu merubah hidup John. Mereka berdua saling jatuh cinta. Namun karena pekerjaan John sebagai tentara, ia tidak bisa selalu bersama Savannah. Ada kalanya John ditugaskan keluar dan Savannah hanya bisa menunggu John kembali. Selama terpisah, hanya surat-suratlah yang menjadi penghubung mereka berdua. Namun suatu peristiwa terjadi, suatu peristiwa yang mengancam hubungan John dan Savannah selamanya. 

My Thought :

Dear John mungkin mempunyai tema utama mengenai kisah cinta atau hubungan John Tyree & Savannah Lynn Curtis, tapi justru salah satu hubungan yang memorable dalam buku ini adalah hubungan John & ayahnya. Saya sudah pernah bilang, bahwa drama keluarga akan selalu sukses bukin saya mewek, dan inilah salah satu kalimat yang saya ingat dari John kepada ayahnya :

"Aku sungguh-sungguh, Dad. Aku minta maaf atas semua kesulitan yang kutimpakan kepadamu, dan aku minta maaf karena tak cukup sering hadir untukmu. Kau manusia terbaik yang pernah kukenal. Kau satu-satunya yang tak pernah marah padaku, tak pernah menghakimiku, dan entah bagaimana kau mengajarkan kehidupan padaku lebih dari yang bisa diharapkan oleh anak laki-laki mana pun."

Dialog tersebut memang khusus ditujukan John untuk ayahnya, tapi saat saya membaca bagian ini saya merenung dan juga merasakan kalau ada kalanya saya seperti John, dan mungkin kita semua sebagai anak juga ada kalanya seperti John, sering memberikan kesulitan terhadap orang tua kita, membuat masalah, sibuk sendiri & jarang menhabiskan waktu dengan orang tua namun orang tua kita tetap mendukung kita dan menyayangi kita. Jujur saya menangis membaca bagian John & ayahnya.

Ada banyak dialog dan kalimat-kalimat pesan moral lain dalam buku ini yang akan panjang kalau disebutkan, salah satunya adalah dibawah ini :

"Ayahku selalu bilang bahwa saat kau memperjuangkan sesuatu, perhatikan orang-orang di sekelilingmu dan sadarilah bahwa setiap orang yang kaulihat sedang memperjuangkan sesuatu, dan bagi mereka, itu sama beratnya seperti yang kaujalani." ~Savannah hal 107

Kalimat itu bagi saya mempunyai makna untuk tidak egois dan mementingkan diri sendiri. Atau bisa juga jangan mengasihani diri sendiri. 

atau

"Aku tau, Tapi... aku juga tidak sempurna. Pada akhirnya, hanya penilain Tuhan yang penting, dan aku sudah cukup belajar untuk tahu bahwa tak seorang pun bisa mengetahui kehendak Tuhan." ~Savannah hal 111

Bagi saya itu mempunyai makna untuk tidak menghakimi orang lain, karena tidak ada manusia yang sempurna dan tidak ada yang tau rencana Tuhan. 

Dear John, buku yang bagus, dirangkai dengan kalimat-kalimat naratif yang mudah dicerna dan alur yang natural untuk sebuah cerita cinta yang sedih dan indah, dimana cinta bukan hanya sekedar ketertarikan fisik atau hal-hal romantis, tapi cinta adalah sebuah pelajaran mengenai hidup yang membutuhkan banyak tahapan dan juga pengorbanan untuk bisa memahami arti cinta yang sesunggguhnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...