Jumat, 01 November 2013

TIPS: CARA MENYAMPUL BUKU DENGAN PLASTIK

Sebenarnya, tidak pernah terpikir oleh saya untuk membuat tutorial cara menyampul plastik sebuah buku. Karena saya pikir itu hal yang gampang dan siapapun pasti bisa. Tapi ternyata waktu chatting di whatsapps group dengan sesama blogger, banyak juga yang tidak tahu caranya. Jadi saya pun terpikir untuk membuat satu postingan khusus cara menyampul buku dengan plastik. 

Memang tidak ada kewajiban atau keharusan khusus untuk menyampul buku-buku yang kita beli dengan sampul plastik. Namun buku-buku yang disampul plastik pastinya, selain terlihat lebih rapih, juga lebih terlindungi. Hal ini lebih terasa terhadap buku-buku yang covernya mempunyai cetakan kertas dove. Apa itu cetakan kertas dove? katakan saja cover yang cetakannya tidak ada lapisan plastik tipis mengilap. Contoh paling gampang ditemui pada buku-buku terbitan Gagas Media. Kalau cetakan covernya dove, biasanya cover buku lebih mudah kotor, entah karena tangan yang berkeringat atau hal-hal lain macam debu. 

Sedangkan contoh cover yang kertasnya glossy atau mengilap, biasanya banyak ditemui pada buku-buku komik terbitan Elex dan MnC. Itu hanya contoh gampangnya saja.

Sekarang saya mulai tutorialnya secara step by step: 

1. Memilih sampul plastik. Ada 2 tipe sampul plastik, yaitu yang dove (buram) dan yang glossy (mengilap). Mau pilih yang mana, itu terserah dan sesuai selera. Tapi yang glossy menurut saya, tingkat kesulitannya dalam menyampul lebih tinggi. (BTW, tipe sampul plastik yang saya bahas di sini, hanya yang tanpa perekat atau lem yah) Dan yang saya pakai untuk tutorial ini adalah yang glossy

2. Pilih ukuran sampul plastik. Sampul plastik ada berbagai jenis ukuran (tinggi dan panjang gulungan roll). Jenis ukuran apapun bisa dipakai, jadi terserah anda mau pilih yang mana. Kalau saya pribadi, saya selalu membeli yang tingginya 45 atau 46 cm. Karena sekali gunting, saya bisa pakai untuk 2 buku. Kebanyakan panjang/tinggi buku yang biasa terbit di Indonesia itu 20 cm. Kalau untuk lebar/panjang (gulungan roll) relatif, tergantung harganya. Makin tebal rollnya, maka makin mahal. 
3. Pertama,  buka dahulu segel plastik dari buku baru anda. #AnakTKJugaTau. Tapi saya kan sudah janji untuk step by step.

4. Bersihkan meja dari benda-benda yang bikin sempit dan bentangkan sampul plastik di atas meja.

5. Ukur atau perkirakan plastik yang akan dipotong dari gulungan roll. Ukur pakai buku yang akan disampul. Jika ada 2 buku, pakai buku yang paling tebal dari 2 buku tersebut. Lalu lipat dan lekuk. 

6. Nah di saya hasilnya seperti ini. 

7. Tekan lipatan atau bagian lekukan dengan tangan untuk memastikan saat menggunting akan lebih mudah dan rapih. 

8. Sebelum lanjut menggunting, saya perlihatkan dahulu kalau sampul plastik tersebut cukup untuk 2 buku. 

9. Lalu guntinglah sampul plastik dibagian yang telah dilipat tadi. 

10. Ta-da. Bagian pertama selesai. Inilah hasilnya. Sampul plastik telah terpotong dari gulungan roll.

11. Nah, sekarang bagi sampul plastik tersebut menjadi 2 bagian. Mau dibagi sama rata atau berbeda, terserah. Yang penting ukurannya cukup dengan buku yang ingin disampul. Di sini saya bagi sama rata. Jadi saya lipat sampul plastik menjadi 2 bagian, lalu saya tekan bagian lekukannya supaya rapih dan mudah saat menggunting. 

12. Terus gunting deh. 

13. Dan inilah hasilnya. Dua potongan plastik untuk 2 buku. 

14. Ambil buku yang ingin disampul. Perkirakan bagian tepinya. Bila sudah dirasa pas, lipat bagian tepi sampul plastik dan ratakan bagian lekuk lipatan dengan menekannya. 

15. Ini sih terserah yah, tapi saya lupa membersihkan bukunya saat dibuka tadi. Jadi saya lap dahulu pakai tissue. :P

16. Sekarang ambil selotip. Rekatkan plastik bagian tepi dalam yang telah kita lipat ke buku dengan selotip. Lakukan hal yang sama pada sisi satunya juga. 

17. Inilah hasilnya. Bagian ini (cara merekatkan selotip) bebas. Kalau saya biasanya 3 bagian, lihat lingkaran merah (tepi atas, tengah dan tepi bawah #ribet). Kalau kalian cuma mau 2 saja merekatkannya, misal tepi bawah dan atas juga tidak mengapa. Atau mau digabung sekalian nanti dengan sisi atas dan bawah buku juga bisa. 

18. Bagian 2 alias sampul sisi samping buku selesai. Sekarang tinggal sisi atas dan bawah buku. Seperti inilah hasilnya. 

19. Oke, sebelum melipat bagian ujung atau pojok. Gunting dahulu plastik yang berada di bagian jilid buku (atas dan bawah). Hati-hati saat menggunting, jangan sampai bukunya ikutan tergunting. 

20. Lipat plastik yang berada di bagian ujung buku. Lipat hingga membentuk segitiga, lalu selipkan bagian lekukan ke dalam. Lakukan ini untuk setiap bagian ujung. Depan-belakang, atas-bawah. Baru lipat ke dalam  dan rekatkan dengan selotip. 


21. Jadinya akan seperti ini. Angle kameranya bikin seolah hasilnya terlihat tidak rata. Tapi aslinya rata kok. Hehehe. Lingkaran merah adalah bagian yang saya rekatkan dengan selotip.  


22. Selesai sudah. Buku sudah tersampul plastik rapih.  


Biasanya untuk saya, buku yang baru selesai saya sampul plastik tidak langsung saya baca #AstagaTimbunLagi. Tapi tidak saya timbun lama-lama kok. Biasanya sudah masuk jadwal coming soon saya untuk dibaca, misal dalam waktu 1 minggu hingga 1 bulan. Nah karena itulah langkah terakhir sebelum dibaca, saya simpan buku-buku yang habis saya sampul plastik dengan cara menindihnya bersama buku-buku lain yang tebal, supaya sampul plastiknya makin meresap nempel. #BahasaApaSih. 


Demikianlah, tutorial cara menyampul buku dengan plastik dari saya, semoga membantu. Mungkin banyak di antara kalian yang punya cara tersendiri dan lebih mudah dan praktis dibanding saya. Tapi untuk yang belum tahu, bisa mencoba cara saya. 

26 komentar:

  1. rapii yaa *jempol* kalau gua seringan yang jadi patokan buat ngegunting tuh garis di ubin, hahahaha :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga juga kok, Ndah. Hehehe, gak suka deprok makanya ga sampul di ubin

      Hapus
  2. Sama dengan Indah, garis ubin aku jadikan juga patokan untuk menggunting. Terus yang no. 19 itu tidak saya gunting, tapi saya lipat dan selipkan di antara plastiknya dan cover bukunya. Saya juga gak menggunakan selotip ^^ pas sudah di sampul tinggal ditumpuk dengan buku-buku lain, jadinya plastiknya merekat ke buku =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh, hemat donk gak usah pake selotip. Kapan2 coba ah

      Hapus
  3. Sebelum baca ini, aku baru aja nyampul belasan buku. Salah satu pekerjaan yang menyenangkan menjadi pustakawan. Kalo aku biasanya ditumpuk banyak pas nyampul, biar cepet, ilmunya mengadaptasi aa' di Palasari yang ligat bener kalo nyampul buku x)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kayanya harus lihat caranya kalau ke TB yah. Tapi di Jakarta jarang ada TB yg terima jasa sampulin buku

      Hapus
  4. Kalau saya waktu step 5 itu bukunya tidak vertikal, tapi horizontal. Jadi plastik buat bagian atas buku lebih lebar. Dan selotipnya dipasang di antara 2 tepi plastik seperti yg step 21 lingkaran sebelah kiri. Memang selotipnya sengaja enggak mengenai cover biar ntar suatu saat dicopot nggak lengket.
    Hasil melototin mbak-mbak Togamas tiap nunggu buku disampul, daripada bengong :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya saya tau deh ngga kena cover gimana. Emang sih bakal lebih bersih. nanti berikutnya coba pasang kaya githu ah

      Hapus
  5. Niaat bangeeet bikin tutorialnya + rapi pulaaaak. Baru blogwalking blog ini, warna blognya baguuus :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak Hanifah. Moga2 gak berat karena kebanyakan gambar.

      Hapus
  6. Ih setuju banget, kak, kalo nggak semua orang bisa nyampul dengan rapi. di deket kampusku ada toko buku yang sedia jasa nyampulin kalau beli buku dengan nominal tertentu. aku nyoba beberapa kali pake jasa itu, tapi nyampulinnya jeleeeeeek! Kadang malah cover bukunya ikut kegunting--KEGUNTING!! Kadang sampul plastiknya terlalu ketat ditarik sampe cover bukunya nekuk nggak enak. huaaa jadi daripada bikin stres sekarang aku selalu sampulin sendiri sesempatnya, dan nolak kalau ditawarin jasa sampul mereka. :'(

    Curcol selesai. *off*

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha udah bayar malah tambah jelek bukunya. Iya, mending sampul sendiri.

      Hapus
  7. jarang jarang yang bisa sampul dengan rapi. bagus gan tipsnya

    BalasHapus
  8. nama jenis sampulnya apa kak?????????????????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. bilang aja sampul plastik yg gulungan, biasa dijual di Gramedia.

      Hapus
  9. Waduuh kalo beli di gramedia kok ga bisa nekuk rapi ya kak? Yg tipis2 gitu ada ukuran pasti ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya beli di Gramedia dan mulus sampulnya. Beli yang gulungan.

      Hapus
  10. pengen juga punya buku berjajar banyak gituu...

    BalasHapus
  11. Beli plastik glossy atau dove nya dari mana ? Apakah di toko buku biasa ada ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Gramedia ada. Dan semua toko buku biasa jual :)

      Hapus
  12. wah perlu dicoba kalo ini. cara memberikan sampul buku

    BalasHapus
  13. Kalau di fotokopian ada gk mas sampulnya? Trus harganya kira² bro?

    BalasHapus
  14. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  15. Thanks kak tips nya! :v awokawok ngakak bacanya tapi jadi ngerti 😅👍😄😁

    BalasHapus
  16. Kak kok setiap kali saya nyampul novel itu sampulnya gk mau nempel ke bukunya ya? Jadi kayak ada udara di antara sampul sama bukunya... Gk kayak yg disampulin di toko buku itu

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...