Selasa, 31 Desember 2013

BOOK REVIEW: GET LOST (AND GIVEAWAY, SOON)

 ★★★
 Judul Buku: Get Lost
Pengarang: Dini Novita Sari
Penerbit: Bhuana Sastra (BIP)
Penyunting: Agatha Tristanti
Jumlah Halaman: 198 Halaman
Segmen: Remaja, Dewasa
Genre: Travel Lit, Drama, Realistic Fiction
Harga: Rp 32.500

Jadi mana yang mau duluan? Ceritanya atau langsung ke pembahasannya? Saya rasa mari kita mulai dengan inti ceritanya dulu. 

Buku ini berkisah tentang seorang gadis bernama Lana Sagitaria yang sedang mencari arti perjalanan hidup dengan melakukan perjalanan di tengah-tengah rutinitasnya sebagai seorang pekerja kantoran. Tapi rupanya Lana tidak hanya sekedar melakukan perjalanan. Lana juga tengah berusaha mencari seseorang. Siapakah orang tersebut yang membuat Lana sampai rela menempuh jarak ribuan mil, mulai dari Bali, Singapore, Korea hingga pulang ke Surabaya? Berhasilkah Lana berjumpa dengan orang tersebut?

I easily Get Lost because

The plot sometimes get lost. Seorang penulis pernah berkata, bahwa sekarang ini penulis berlomba-lomba menciptakan ejaan yang baku, diksi yang keren, bahasa yang puitis dan berbunga-bunga  namun melupakan satu hal penting dalam menulis fiksi yaitu plot. Terkadang apa yang membuat seorang pembaca merasa betah atau tidak bosan dalam membaca suatu buku bukan karena penuturan atau gaya bahasa semata, tapi karena plotnya. Plot yang terstruktur akan membuat pembaca betah untuk tetap fokus membalik halaman demi halaman. Saya agak lama menyelesaikan buku ini karena jalinan plotnya kurang kuat. Jadinya untuk seseorang yang gampang teralihkan seperti saya, terkadang suka menunda bacanya, karena ada hal lain yang lebih menarik perhatian saya.

Ini hanya sekadar pengandaian saja dari saya, misal, bab 1, plotnya meminta ijin cuti dari kantor. Nah penulis bisa mengeksplorasi betapa susahnya minta ijin cuti, karena kerjaan kantor lagi banyak, sementara ia sudah terlanjur booking tiket pesawat, terus bosnya tidak memberi ijin karena ada proyek yang harus dikerjakan. Bab 2,  plot utama cari hostel murah di Bali. Tapi ternyata karena di negara-negara 4 musim sedang winter, akibatnya Lana susah cari hostel karena banyak yang sudah penuh. Sempet ada adegan ini, tapi cuma sebentar. Padahal bakal lebih seru, kalau Lana itu kelabakan karena hingga malam tiba belum ketemu hostel dan terpaksa bermalam di rumah seseorang yang bekerja sebagai PSK, tapi dari sana Lana mendapat pelajaran hidup yang penting. Lalu sepanjang cari hostel, bisa diceritakan kalau hostel-hostel yang ditemui Lana, banyak yang aneh-aneh, dst.

Untuk seseorang yang berencana Get Lost, perjalanan Lana tergolong lancar dan smooth menurut saya, padahal saya berharap ada sesuatu yang bisa bikin Lana merasa kesusahan, panik dan putus asa kalau perlu :P

Bali dan Sela. Saya bingung apa sebenarnya plot atau cerita tentang Bali? Sementara Sela, saya merasakan bab ini hanya sekedar filler saja.

Singapore. Saya setuju dengan review-review lain mengenai banyaknya faktor kebetulan, dengan berbagai kemudahan yang didapat Lana sepanjang perjalanannya. Saya berharap daripada cerita soal bule dan kekasihnya, penulis membuat cerita tersesat di Singapore. Misal, Lana terpaksa menginap di hotel kawasan Geylang dan mendapat pengalaman seperti teman saya yang sewaktu ke Singapore, menginap di hotel kawasan Geylang dan setiap malam suka mendengar suara orang merintih-rintih. #mulaibablasOOT 

Korea. Agak berasa ini plotnya agak K-drama. Dan di sini juga, penulis lebih bercerita mengenai cerita karakter pendamping alih-alih karakter utama. Mengapa tidak cerita mengenai kebiasaan masyarakat Korea yang dianggap tak lazim di mata kita. Sedikit sharing cerita, ada cerita lucu dari 2 orang pendeta Indonesia yang pernah ke Korea. Saat di Korea, mereka kaget karena rumah yang ditempatinya tidak ada kamar mandi, hanya ada WC untuk panggilan alam. Rupanya orang Korea itu tidak sesering orang Indo kalau mandi  dan kadang rumah sederhana suka tanpa kamar mandi, jadi kalau mau mandi, harus di pemandian umum. Bentuk pemandian umum ini seperti ruko (yang suka baca manga pasti tahu) yang dalamnya berisi bak-bak besar. 

Tapi yang bikin aneh bagi orang Indonesia adalah mandi sama-sama dengan telanjang bulat, meski sesama jenis sekalipun. Akhirnya dua pendeta ini memutuskan untuk tetap memakai celana dalam dengan alasan bagian tersebut terlalu pribadi untuk dilihat publik, yang berakibat orang Korea melihat 2 pendeta dari Indonesia ini aneh (karena mandi dengan tetap menggunakan celana dalam) dan 2 pendeta ini justru melihat orang Korea yang aneh. Apa maksud cerita saya sih? maksud saya itu culture shock

Surabaya dan sekitarnya. Ini adalah salah satu plot utama dalam buku ini. Seandainya saja penulis ingin memasukkan genre misteri, saya rasa buku ini akan lebih menarik, bahkan bisa dikasih judul "Where is Dharma?"

When main character is the author herself

Saya tahu sih, kalau buku ini banyak diinspirasi dari pengalaman penulis sendiri. Tokoh utama pun juga mungkin secara tidak langsung mengambil kepribadian penulis juga. Seandainya ini non fiksi, saya tidak akan cerewet, tapi untuk sebuah fiksi, saya berharap karakter yang lebih imajinatif (baca: berbeda dengan kepribadian penulis, cerita boleh sama tapi karakter, buatlah semenarik mungkin, misal kikuk, teledor, ambisius, sarkastik, pemberontak) saya termasuk yang lebih suka 3rd person POV atau sudut pandang orang ketiga, karena ada kalanya saat membaca sudut pandang orang pertama, penulis suka tertukar dengan karakternya sendiri. 

Penuturan

Cara penuturan di buku ini, seperti personal literature. Jadi kita seperti membaca jurnal perjalanan Lana. Untuk bagian awal, saya merasa penuturannya agak terasa membosankan. Sepertinya hal ini dikarenakan terlalu banyak monolog.  Saya sebenarnya tidak masalah dengan monolog, asal porsinya pas, tidak berlebihan (misal terlalu banyak membahas pemikiran atau perasaan si tokoh utama). Bahkan monolog pun harus masuk bagian dalam plot, misal menjelaskan adegan flashback. Untunglah saat masuk bab Singapore, tampaknya penulis sudah mulai enjoy dalam menulis ceritanya. 

Gaya Bahasa

Saya tidak tahu mengapa, tapi pada bab-bab awal, gaya bahasanya terasa sangat baku dan kaku. Bahkan saya pun membacanya jadi berasa tidak lepas dan tidak santai.

Selain itu terkadang perpindahan adegan terasa terlalu cepat, tanpa penghubung. Misal adegan Oleq kasih lihat KTP-nya ke Lana. Saya rasa akan lebih enak dibaca bila Lana juga memberi sedikit penjelasan mengenai apa yang dilihatnya dalam KTP tersebut alih-alih langsung memberitahukan kesimpulannya pada pembaca. 

Memorable quote:
Dan baru-baru ini aku menyadari, kalau kenyamanan itu mencandu, menimbulkan rasa ketergantungan yang akut. Dan aku rasa, sudah tak seharusnya lagi aku bergantung kepada dia."
Pesan terakhir saya untuk penulis.

"Selamat atas buku perdananya, dinoy. Saya tunggu karya-karyamu selanjutnya, baik fiksi maupun non fiksi. Menulislah tanpa peduli dengan peraturan. Menulislah seperti apa yang kamu rasakan dengan hatimu, menulislah dengan mengekspresikan emosimu."

26 komentar:

  1. *speechless* all I can do just nodding with all Lina's point in this review. Nggak ada sanggahan, nggak ada belaan, hehe, cuma mau bilang terima kasih banyak sudah membaca dan mengulas novel Get Lost! Means a lot for my next writing! ^^

    BalasHapus
  2. Kebetulan ada givaway-nya, saya udah lumayan lama mupeng buku ini. hihihi. Saya ikutan, yah. :3

    Nama : Ayu Puspita Sari
    Email : phoebeyuu@gmail.com
    Twitter : @flyingpig19
    Link untuk mereview : http://bukubukuganjil.blogspot.com
    Share link GA : https://twitter.com/flyingpig19/status/417728427840393216
    Buku yang mau dibeli : http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/88929/selimut-debu.html

    Jawaban:
    1. Tempat yang ingin dikunjungi:
    a. Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu, NTT. Sejak lihat gambarnya di kertas uang sepuluhribuan waktu masih kecil, saya sudah bertekad mau lihat danau yang katanya bisa warna-warni itu. *tekad masa kecil*
    b. Sumbawa. Mau.... naik kuda liar.... sambil menyebrangi padang ilalang. aaaah.... Lagi-lagi ini obsesi masa kecil. =////=
    c. Ujung Kulon. Mau eyus-eyus badak, tapi sepertinya nggak bisa karena satwa yang dilindungi. Tapi tetep aja pengen ke sana karena konon menurut yang pernah ke sana hutannya indah banget.

    2. Saya sekarang sedang berusaha apresiasi sastra Indonesia, dan belakangan makin cinta setelah ketemu banyak karya sastra yang cakep nan ciamik. :)

    BalasHapus
  3. Nama: Zahra Salsabila
    Email: zahrasalsa38@gmail.com
    Twitter: @zahra_salsa
    Link untuk review: http://zahrasalsaaa.blogspot.com/
    Share link tentang GA: https://twitter.com/zahra_salsa/status/417820780857020416
    Buku yang mau dibeli: http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000186305/eleanor-park.html
    Jawaban:
    1. Tempat yang mau saya kunjungi adalah Pantai Kuta, Bali. Kenapa? Karena Indonesia itu terkenal akan Bali dan Pantai Kuta-nya yang indah. Ya, walaupun denger-denger sekarang Pantai Kuta udah nggak sebersih dulu, tapi menurut saya kalau orang Indonesia belum pernah ke Bali tuh, kayak bukan orang Indonesia, gitu :D

    2. Selama ini, saya lebih banyak dan lebih suka membaca karya para penulis lokal karena kita harus menghargai para penulis dari negeri sendiri, dong. Lagipula, karya mereka pun tidak kalah jika dibandingkan dengan karya para penulis luar, kok.

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak buat Giveaway yang sangat keren ini.... Keep Spirit high buat Kak Dinoy dan Kak Lina ^^

    Nama : Astri Nardi
    Email : astri.nardi@gmail.com
    Twitter : @astri_nardi
    Link untuk mereview buku Get Lost : https://www.goodreads.com/user/show/22012607-asuka
    Share Link Twitter : https://mobile.twitter.com/astri_nardi/status/417864630807953408?screen_name=astri_nardi
    Buku yang mau di beli : http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000092361/stpc-barcelona-te-amo.html
    Jawaban :
    1. Negara impian saya dari saya kecil adalah Jepang, saya ingin sekali mempunyai kesempatan sekali seumur hidup untuk menjejakkan kaki ke negri matahari terbit tersebut, dan ingin merasakan harumnya bunga sakura. Sejak kecil saya sering nonton anime di Televisi tak jarang saya juga baca komik, dan yang masih sangat berbekas di ingatan saya adalah film Kamen Rider Black alias Satria Baja Hitam, padahal saya perempuan tapi dulu kecil saya sempet maen topeng Baja Hitam, selain itu karena Sailormoon juga saya nonton dan baca komiknya. Saya kagum saya Negara Jepang karena walaupun terpuruk berkali-kali pas Bom Hirosima-Nagasaki dan juga Gempa Bumi hebat yang menyebabkan Tsunami, negara Jepang tetap bangkit dan maju. Menjadi Macan Asia. Saya salut dengan budaya mereka yang tetep antri walaupun sedang kena musibah dan tidak ada yang namanya penjarahan.Mungkin itu yang menjadi penyebab Jepang selalu maju dan mempunyai teknologi no.1 di dunia. Saya ingin sekali mencicipi sushi dan ramen disana secara langsung, juga kepengen mencicipi bagaimana rasa sake itu. Saya berharap bisa ke Jepang suatu saat. :D

    2. Saya suka semuanya baik karya penulis dalam negri maupun penulis dari Luar, karena mereka mempunyai keunikan masing-masing. Saya salut saya dunia perbukuan dalam negri kita beberapa tahun ini, karena banyak sekali buku-buku yang bagus dan seru. Saya berharap karya penulis lokal kita, karya-karyanya bisa menembus pasaran internasional suatu saat, dan menjadi best seller di dunia. Amin :)

    BalasHapus
  5. Nama: Lajeng Padmaratri
    Email: lajengpadma@gmail.com
    Twitter: @Lajengpadma
    Link untuk review: http://lajengpadma.blogspot.com/
    Share link tentang GA: https://twitter.com/Lajengpadma/status/417898506334896128
    Buku yang mau dibeli: http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000044087/draf-1-taktik-menulis-fiksi-pertamamu.html

    Jawaban:
    1. Jika saya berkesempatan untuk mengunjungi suatu tempat di dunia ini, saya ingin berkunjung ke pantai di Kepulauan Raja Ampat. Walaupun saya nggak bisa berenang apalagi menyelam, saya ingin lihat seperti apa sih tempat yang katanya surga tersembunyi di Indonesia itu. Apalagi tempat itu terkenal banget buat para traveller dan keindahan pantainya itu termasuk dalam 10 perairan terbaik di dunia berkat flora faunanya. Apalagi saya belum pernah pergi ke luar Pulau Jawa. :D

    2. Selama ini saya menyukai karya-karya penulis lokal, karena sebenarnya buku-buku penulis lokal juga tak kalah dengan karya penulis luar.

    BalasHapus
  6. Nama : Asy-syifaa Halimatu Sa’diah
    Email : asysyifaahs@yahoo.com
    Twitter : @asysyifaahs
    Link untuk review : www.kak-bi.blogspot.com
    Share link GA : https://twitter.com/asysyifaahs/status/418199167719047169
    Buku yang mau dibeli :
    - Cinta. (baca: Cinta dengan titik) : http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000163696/cinta-baca-cinta-dengan-titik-.html
    - Dialog Sakti : http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000195437/dialog-sakti.html

    1. Saya ingin pergi ke Australia, terutama Adelaide dan Melbourne. Ini mimpi saya sejak empat tahun terakhir, setelah dapat bingkisan dari teman yang menetap di Melbourne. Alasannya saya ingin sekolah disana, belajar menuntut ilmu. Dari sekian banyak cerita kakak-kakak senior yang sudah pernah berkunjung ke luar negeri, terutama Australia, saya jadi punya semangat untuk mengikuti jejak mereka. Tahun ini, InsyaAllah, saya berencana mau ikut program pertukaran pelajar ke luar negeri. Bahkan kita sendiri bisa pilih negara tujuan mana yang diinginkan, dan saya ingin ke Australia. Selain ingin belajar, saya juga ingin menunjukkan kebudayaan khas Indonesia di Australia, bahwa Indonesia punya beragam budaya. Dan ini pun menjadi salah satu tugas dari student exchange itu sendiri. Kadang, setelah kita tinggal di tempat orang lain, kita akan lebih banyak belajar lagi tentang kebudayaan kita sendiri, melihatnya dari cara pandang yang berbeda.

    Kedua, saya mau ke Pantai Samalona, Sulawesi Selatan. Jika orang lebih mengenal Losari, saya mau ke Samalona. Semenjak baca sebuah cerita tentang indahnya Pantai Samalona, saya jadi kagum, ternyata ada banyak keindahan alam yang Tuhan ciptakan. Sebenarnya tidak hanya Samalona, saya juga ingin mengelilingi Indonesia, dengan begitu rasa cinta terhadap Tuhan akan lebih meningkat lagi, lebih banyak bersyukur terhadap apa yang telah diciptakan-Nya.

    Terakhir, saya mau ke Mekkah, ini adalah tempat dimana semua umat Islam menginginkan kesana, menunaikan ibadah haji dan umroh. Ini sebenarnya bukan mimpi saya saja, juga kedua orangtua. Suatu saat nanti, jika kelak Allah sudah memanggil saya dan orangtua untuk pergi kesana, semoga saya bisa pergi kesana. Amiin...

    2. Saya lebih minat ke buku lokal karya penulis Indonesia saja, selain mengapresiasi karya-karya mereka, juga sebagai bentuk dukungan terhadap kekayaan khazanah literasi Indonesia, supaya lebih banyak lagi penulis berbakat yang bisa menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan dikenal luas.

    BalasHapus
  7. Nama: Zaitun Hakimiah NS
    Email: zaitun_hakimiah@yahoo.com
    Twitter: @NSMia
    Link untuk review: http://wamubutabi.blogspot.com/
    Share link tentang GA: https://twitter.com/NSMia/status/418245444796313600
    Buku yang mau dibeli:
    http://gramediaonline.com/moreinfo.cfm?Product_ID=862349
    http://gramediaonline.com/moreinfo.cfm?Product_ID=866159

    Jawaban:
    Tempat yang mau saya kunjungi adalah Jepang. Saya ingin naik kereta Shinkansen yang terkenal dengan kecepatannya.

    Saya, selama ini lebih suka baca buku lokal.

    BalasHapus
  8. Nama: Iffa Karina
    Email: arinaiffa@gmail.com
    Twitter: @iffaps
    Link untuk review: http://rhythmsofme.blogspot.com/
    Share link tentang GA: https://twitter.com/iffaps/status/418245778604183552
    Buku yang mau dibeli: 2 (dua) - Donny Dhirgantoro [http://www.belbuk.com/2-dua-p-22216.html]
    Jawaban:
    1. Pertama, Aku pengen banget ke Mekkah. Jika harus keluar negeri aku pengen banget ke Mekkah. Menunaikan ibadah haji&umroh. Udah gitu seneng banget denger cerita-cerita kerabat yang udah kesana. Apalagi disana doanya pasti diijabah sama Allah dan di-amin-i sama malaikat InsyaAllah. Semoga bisa kesampean kesana Aamiin
    Kedua, pengen banget banget ke Karimun Jawa. Kepulauan ini termasuk daerah kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dulu ibuku pernah pergi kesana, dan ceritanya bener-bener bikin iri. Dan ngebaca cerita orang di net juga bikin envy huhuhu. Foto-fotonya juga menunjukkan keindahan tempat ini. Pokoknya lautnya jernih-nih-nih dan pantainya pun bersih :) Semoga bisa kesana dengan gratis hahaa (soalnya dengan travel cukup memakan biaya yang banyak)

    2. Aku lebih suka buku lokal! :D Koleksi novelku juga kebanyakan buku lokal. Karena, bahasanya akan lebih mudah dimengerti. Dan biasanya setting tempatnya itu ada di Indonesia, jadi kalau ada novel yang menceritakan kehidupan di kota yang aku tinggali, pasti mudah banget ngebayanginnya. Apalagi, aku pengen jadi penulis. Jadi, sebelum membuat 'produk', harus mengenal 'produk' itu sendiri kan? Mending juga beli buku karya penulis indonesia, kan harus cinta produk indonesia hehehe. Dan sebagai penulis amatir, aku amat sangat senang ketika tulisanku dibaca dan diapresiasi oleh orang lain :) Jadi ingin membuat senang teman-teman setanah air yang berjuang melalui tulisannya :D

    BalasHapus
  9. "Tapi yang bikin aneh bagi orang Indonesia adalah mandi sama-sama dengan telanjang bulat, meski sesama jenis sekalipun." etooo....entah klo di sini saya kok merasa biasa saja yah =..= *pernah mandi bareng ceritanya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih kecil atau udah gede, Mide? kalau masih kecil sih biasa, tapi kalau udah gede :|

      Hapus
  10. Nama : Muhammad Rifqi Saifudin
    Email : m_rifqi_s@yahoo.co.id
    Twitter : @irujr
    Link untuk review : http://coretanrifqi.blogspot.com
    Share link GA : https://twitter.com/irujr/status/418628622644031488
    Buku yang mau dibeli :
    - Cinta. (baca: Cinta dengan titik) : http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000163696/cinta-baca-cinta-dengan-titik-.html
    - Dialog Sakti : http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000195437/dialog-sakti.html

    1)Pengen ke Arab Saudi sih tepatnya ke Mekkah. Tentu dong, mau ngapain lagi disini selain mengerjakan kewajiban setiap muslim, menunaikan ibadah haji. Orang tuaku sudah sering "minta" supaya diberangkatkan, tapi sampai sekarang aku masih belum bisa memberangkatkan mereka. Suatu saat pasti akan kuberangkatkan mereka, pasti!
    2)Pengen ke Filipina, karena aku punya beberapa teman dunia maya disini, bahkan ada satu teman yang akrab. Kami sudah berteman beberapa tahun, tapi cuma bisa chatting tanpa bisa berbicara langsung tatap muka. Kalau aku bisa pergi ke Filipina, tentu temanku ini adalah tujuan pertamaku disini, kemudian dia bisa jadi "Tour Guide" gratisku selama di Filipina. Mantap kan? xD
    3)Jepang!!! Pengen banget ke sini! Pengen ke Gunung Fuji, pengen liat bunga sakura, pengen minum Ocha dan makan sushi di negara asalnya, pengen nonton AKB48, pengen ngobrol sama orang-orang sono. Aaa...!!! Pokoknya pengen banget ke Jepang! Saking pengennya aku ke sini, nanti kalau kuliah aku bakal cari beasiswa di Jepang, semoga terkabul. Aamiin :D

    Kalau buku, tentu lebih suka karya lokal. "I Love Indonesian Product!", karya-karya lokal banyak kok yang kualitasnya gak kalah dengan karya luar. Selain itu karya lokal tentu Bahasa yang digunakan beda dengan bahasa terjemahannya, feelnya beda. Juga setting tempat, karya lokal dengan setting lokal paling kusuka, soalnya mudah membayangkan "Kampung halaman" :)

    BalasHapus
  11. Nama: Sintyatika Putri
    Email: sintya.wicaksono@yahoo.com
    Twitter: @Sintyatika_Tyn
    Link untuk review: http://sintyasatika.blogspot.com/
    Share link tentang GA: https://twitter.com/Sintyatika_Tyn/status/418795215114076160
    Buku yang mau dibeli: Sweet Nothings (http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000006733/sweet-nothings.html) dan Rhapsody (http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000184486/rhapsody.html)
    Jawaban:
    1. Tempat yang mau saya kunjungi adalah Raja Ampat, Papua, karena you know what? Itu "surga" nya Indonesia. Bayangkan saja, air laut membiru buta, bahkan kau bisa seakan-akan menyentuh dasarnya, sunset yg menakjubkan dengan gulungan ombak yang sempurna dilengkapi semilir angin menyejukkan jiwa.

    2. Saya ingin pergi ke Osaka, Jepang dan mengunjungi Osaka Castle Nishinomaru Garden, that's so amazing place, dibawah musim semi yang membanggakan kucup-kumcup sakura yang merekah juga Universal Studios Jepang, Unoversal Studio ala Jepang, yah memang terletak di Jepang, kan?

    Dan kebetulan sekali saya tertari dengan produk dalam negeri, ceritanya nih Cinta Indonesia. Selain memang kita bisa mendapatkan produk yang "fresh from the oven" kita juga lebih kenal dgn penulis dan berbagai org yang terlibat di dalamnya. Saya rasa juga novel karya anak bangsa tak kalah hebatnya dari novel para author ternama dunia. :)

    Terima kasih banyak untuk GA nya mbak :) Wish me luck.. ^^

    BalasHapus
  12. Nama : Dian S
    Email : dian.sagit4@gmail.com
    Twitter : @DeeLaluna
    Link untuk Review : http://dianputu26.blogspot.com/
    Share GA : https://twitter.com/DeeLaluna/status/418921674289856512
    Buku yang diinginkan :
    http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000186558/99-cahaya-di-langit-eropa-cover-film-.html
    Pingin Get Lost, di bukabuku.com belum ada :( *Curhat
    1. Bertanya tempat impian, saya punya banyak tempat impian yang saya targetkan bisa saya eksplor. Waktu di GA mbak Dinoy saya menyebut beberapa tempat, salah satunya Dieng. Dan senang sekali, bulan kemarin Dieng berhasil saya lahab abis, minus Gunung Prau :(. Dan untuk saat ini saya pingin sekali ke Karimun Jawa. Saat baca novel With You, novel duet Bang Simamora dan Mbak Orizuka, saya semakin jatuh cinta sama Karimun Jawa, penggambarannya mantap. Apalagi berdasarkan cerita beberapa anak traveler, Karimun Jawa eksotis abis. Pingin nginep di rumah apungnya, menikmati matahari terbit dan tenggelam dengan segelas kopi. Menulis sambil menyelami dahsyatnya pesona mentari, ah...kayak di surga banget. Semoga aja ada rezeki dan teman untuk pergi ke sana. Aamiin!!!

    2. Saya lebih suka penulis lokal, apalagi jika mereka bercerita dengan karakter lokal pula. Bagi saya, membaca novel lokal lebih mudah mentransfernya dalam bentuk imajinasi, karena bahasa dan karakter mereka terasa tak asing lagi di keseharian saya. Memang novel terjemahan sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, namun beberapa kalimat tidak bisa terbentuk menjadi makna yang seharusnya. Tetap ada kesulitan untuk menjadikan gambaran dalam imaji kita. Nah, itulah alasan saya tetap lebih memilih karya lokal, walaupun sesekali saya juga membaca karya luar.

    Terima Kasih GA nya mbak :D

    BalasHapus
  13. Nama: Jun
    Email: reatheryan[@]gmail[.]com
    Twitter: @FJrean
    Link untuk review: http://feedmebook.blogspot.com
    Share link tentang GA: http://twitter.com/FJrean/status/419846305301938176
    Buku yang mau dibeli: Pasung Jiwa [link: http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/166839/pasung-jiwa-sebuah-novel.html ] & A Tale Dark and Grimm [link: http://little-miss-minishop.blogspot.com/2013/10/jual-novel-tale-dark-and-grimm.html]

    Jawaban:
    1. a) Selandia Baru. Entahlah, sejak kecil aku suka sekali dengan negara tetangga Australia ini. Aku sendiri juga tidak tahu kenapa. Mungkin karena di sana buah kiwi harganya tidak semahal di sini atau mungkin karena aku jadi bisa melihat dan berfoto dengan burung kiwi di habitat aslinya... Oke, oke, agak serius dikit, haha. Aku jujur di bagian tidak tahu. Bisa saja aku suka dengan oknum pemerintahannya yang anti-korupsi. Bisa juga karena aku suka lanskapnya yang kebanyakan masih hijau dan mirip sekali negeri dongeng—ganteng-ganteng gini aku pecinta dongeng sejati lho. Ya, aku rasa aku suka sekali dengan lanskapnya. Apalagi di sana ada Hobbiton alias desa Hobbit (set shooting film LOTR dan The Hobbit). Pengen nyoba berkunjung ke "rumah-nya Bilbo Baggins" dan membuat rumahnya berantakan, hahah.

    b) Swedia. Soalnya aku pengen ketemu dengan si gadis bertato naga yang jenius, Lisbeth Salander #eh Aku suka Swedia karena denger-denger sistem pemerintahannya, sistem sosial/sipilnya, tata kotanya, sistem transportasinya, beuh, benar-benar teratur. Yang membuatnya sangat keren di mataku! Tidak heran negara ini menjadi salah satu negara termakmur di dunia. Aku pengen sekali melihat sistem itu dengan mata kepalaku sendiri. Siapa tahu bisa jadi bahan buat bikin novel utopia/dystopia :p

    c) Sebenarnya, mau New Zealand mau Swedia, semuanya tergantung pada my one in particular sih. Selama ada dia, berkunjung ke Zimbabwe atau ke Timur Tengah pun, hayo aja. Tinggal dan menetap di Jerman, Belanda atau dua negara yang sudah aku sebutin juga oke saja (oke banget malah!). Tak pergi ke mana-mana, alias tetap tinggal di Nganjuk dan merasakan semilir anginnya yang sepanjang tahun terus berhembus, menikmati nasi pecelnya yang (gurihnya rempeyeknya, pedasnya sambal kacangnya, sedapnya tempe gorengnya, lezatnya sayurannya) menggoyang lidah tiap pagi, mengunjungi alun-alunnya yang terkenal jutaan kali, tak jadi masalah bagiku. Bukankah inti perjalanan itu, kunjungan itu, untuk melihat keindahan atau mencari ketenangan atau lari dari hiruk-pikuk kehidupan? Kenapa aku perlu keliling dunia kalau seluruh keindahan dunia ada padanya, my one in particular? Kenapa aku mesti mencari ketenangan atau lari dari kehidupan yang ramai bila senyum my one in particular sanggup membuatku merasa tenteram dan damai, seolah hari esok akan baik-baik saja? :')

    2. Karena kebanyakan buku-buku fantasi dan fiksi ilmiah masih didominasi oleh penulis luar negeri, dan karena aku lebih suka baca dalam bahasa negeriku (kecuali untuk buku-buku David Levithan dan Sophie Kinsella), maka ya, buku terjemahan :D

    BalasHapus

  14. 1. Tempat yg paling ingin aku kunjungi adalah Negara Jepang. Alasannya adalah karena aku sangat menyukai hal yg berhubungan dengan Jepang. Aku ingin banget ketemu sama Masashi Kishimoto dan YUI. Setelah itu berlagak jadi turis dengan keliling-keliling sampai kaki gak kuat.

    2. Kalo aku sih tergantung ceritanya, bukan tergantung penulisnya. Kalo aku suka sama ceritanya, ya udah. Tapi dari tumpukan novel yg aku punya, kebanyakan sih lokal. dan sisanya terjemahan.

    Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Alamat email & Twitter : alamadt_saya@yahoo.com & @san_fairydevil
    Alamat link : http://tulisanayas.blogspot.com
    Share GA : https://twitter.com/san_fairydevil/status/419861585390075904
    Link Buku (Rp. 75000) : http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000086612/aidoru-no-sekai-ni-yoroshiku.html

    BalasHapus
  15. Nama : Sabariah
    Email : sabariiah13@yahoo.com
    Twitter : @cabbyy_
    Link untuk review : luckyluckysa.wordpress.com
    Share link GA : https://twitter.com/Cabbyy_/status/422975123054788608
    Buku yang mau dibeli : Oppa & I : Love Signs (http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000190531/oppa-i-love-signs.html)
    Run To You (http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000202234/run-to-you.html)
    Jawaban :
    1. Tempat yang ingin saya kunjungi adalah Jepang. Tepatnya di Taman Ueno karena saya ingin hanami, berfoto di bawah pohon sakura yang mekarnya hanya beberapa hari saja itu. Juga saya ingin dilukis juga disana. Nuansanya disana sangaaaat romantis, seperti roman picisan yang saya baca. Juga wahana bermain disana, menyicipi masakan-masakan Jepang yang terkadang tidak cocok dengan lidah orang Indonesia :D (http://www.cheria-travel.com/2013/01/ueno-park-taman-pemberian-sang-kaisar.html)
    2. Saya ingin ke London, Inggris dan mengunjungi calon universitas saya nantinya, yap! Oxford University hehe.. (ditimpuk!) selain itu saya ingin melihat bangunan-bangunan tua disana. Bertemu pangeran William kalau bisa :D
    3. Selain luar negeri, tentunya saya masih cinta Indonesia dong kak *tsaah, saya ingin ke Raja Ampat, di Papua. Saya ingin menyelam di laut biru yang menggiurkan itu sambil melihat kekayaan laut disana, melihat sunset serta sunrise. Ohh how wonderful it is!
    Saya lebih suka buku karya penulis lokal. Karena gaya bahasa yang digunakan mudah dipahami. Kalau buku terjemahan terkadang bahasanya rumit untuk dicerna otak kecil saya ini, apalagi ada kata-kata yang terkesan rumit. Feel-nya juga beda. Lebih enjoy juga di penulis lokal. Lagian juga saya ingin mengapresiasikan penulis lokal agar terus berkarya dan semoga saja karyanya mengimbangi karya J.K Rowling hehe^^

    Congrats kak Dini atas buku keduanya^^ *rapalin mantra,wish me luck;)

    BalasHapus
  16. Nama : Rissya Mutya Prima
    Email : rissyamutyaprima[at]gmail[dot]com
    Twitter : @RMP2982
    Link untuk Review : lostlovesecret[dot]blogspot[dot]com

    Share Link GA : https://twitter.com/RMP2982/status/423000521427779584
    https://twitter.com/RMP2982/status/423016195655081984

    Buku yg diinginkan : http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000196441/meet-the-sennas.html
    http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000188897/panti-jomblo.html

    Jawaban :
    1. Tempat yang ingin saya kunjungi adalah Paris, bukan hanya untuk melihat menara effiel semata tetapi juga saya ingin mengunjungi Arc de Triomphe, Musee du Louvre, Muséedu Louvre, Château de Versailles, Kastil Benedictine dan masih banyak lagi tempat di paris yang lebih fenomenal dari menara effiel. Apalagi Paris merupakan pusat fashion dunia ingin walau sekali dapat berkunjung dan shopping disana :)
    2. Dibagian Asia saya ingin pergi ke Korea Selatan, saya ingin pergi ke Daerah Gangnam, Namsan Seoul Tower, Sungai Han, Istana Gyeongbuk yang megah, Pulau Jeju, Nami Island, Daejanggeum Theme Park, Lotte Word, mau belanja di Daerah Dongdaemun, mencari hanbok dan pernak pernik kerajinan tangan khas Korea di Insadong. Saya mau berkunjung ke semua tempat itu, mengangumkan.
    3. Saya ingin melenggang jauh ke Yunani, pergi mengunjungi Kuil Parthenon di Athena, Pantai Myrtos dengan warna magis yang indah, menikmati jalan sore di Mykonos, menikmati sunset di Santorini, sangat menakjubkan belum lagi kita akan berwisata kuliner sepeti aneka tzatziki salas, souvlaki, baklava, rizogalo, moussaka, gyros, greek salad yang menggugah selera ;9

    Saya selama ini suka membaca buku penulis indonesia, karena banyak buku mereka yang dapat menguras emosi, dan membekas dihati juga karya-karya mereka sangat inspiratif. Tetapi saya juga suka membaca buku terjemahan seperti karya Scott Westerfeld, buku Harry Potter, The Hunger Games :) Overall semua buku itu bagus,karena saya suka membaca :)

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Tammy | @alizarinnn | keikokukien28@gmail.com | blog: teatimeandbook.blogspot.com

    1. Untuk tempat yang pengen aku datengin itu pertama, London. Aku itu suka banget naik bianglala jadi waktu tahu ada London Eye, London langsung jadi salah satu tempat yang masuk wishlist destinasi untuk dikunjungi.

    Yang kedua itu terletak di asia, Korea, terutama ingin mengunjungi ke sana saat musim gugur saat pohon-pohon di sana daunnya berwarna oranye. Kesannya romantis >.<

    Yang ketiga itu terletak di Indonesia. Aku dari dulu pengen ke Jogja. Beberapa kali ke sana cuma lewat doang dan aku sebal karena gak bisa main ke Borobudur dan jalan-jalan di sana lebih lama.

    2. Untuk pilihan buku lokal atau terjemahan... itu benar-benar murni karena ceritanya. Aku gak memihak harus baca buku lokal atau harus baca buku terjemahan.

    Aku itu baca buku yang masuk ke dalam selera baca aja, poin tambahan buku itu bagus dan enak dibaca itu adalah bonus. Tapi karena aku itu sukanya fantasi, untuk saat ini kalau dilihat di daftar buku yang dipunya, memang kebanyakan buku terjemahan.

    Buku incaran: http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/103644/eon.html

    Link tweet: https://twitter.com/alizarinnn/status/423052254355001345

    BalasHapus
  19. Halo Lina, aku ikutan GA-nya ya:)
    Nama : Ira
    email : iraelvira96(at)yahoo(dot)com
    twitter : @rie_dominique
    Blog : irasbooks.blogspot.com

    Tempat yang mau saya kunjungi :

    1. Andalusia di Spanyol. Andalusia sering saya dikunjungi melalui buku.mulai dari seri harlequin sampai ke novel-novelnya Sidney Sheldon. Senor yang angkuh, pemberontak dari seville dan arsitektur yang dipengaruhi oleh kaum Moor adalah yang paling saya ingat dari Andalusia. dan ketika melihat sebuah acara masak From Spain With Love di AFC dimana host-nya berkunjung ke daerah Andalusia, saya makin pengen berkunjung kesana. Pesona sejarah dan gedung-gedung tuanya bener-bener menawan.

    2. Turki. Pengen keHagia Sophia dan Istana Topkapi! tertarik ama istana ini sejak baca cerpen di majalah Anita yang tokoh utama wanitanya time travel ke masa lalu dan masuk ke harem Sultan. Makin bermimpi mengunjungi Turki setelah membaca The Historian-nya Elizabeth Kostova. apalagi sekarang reread buku ini buat ikutan event baca barengnya. kali-kali aja bisa nemu makam Vlad Tepes disana. hehehehe...

    Untuk buku aku paling sering baca buku luar sih karena pilihannya lebih banyak. tapi akhir-akhir ini aku berusaha untuk memperluas bacaannku ke buku lokal.

    makanya, pilihan buku-ku kali ini adalah buku lokal :)
    1. Pra Wedding Rush - Okke "Sepatu Merah " : http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000199794/pre-wedding-rush.html

    2. My Partner - Retni SB : http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/102500/metropop-my-partner.html

    link tweet : https://twitter.com/rie_dominique/status/423244764528386048

    makasih banyak untuk GA-nya Lina :)

    BalasHapus
  20. Nama: Erika Putri Gustiana
    Email: erika.putry@rocketmail.com
    Twitter: @reika_putri
    Link untuk review: http://erikaputrigustiana.blogspot.com/
    Share link tentang GA: https://twitter.com/reika_putri/status/423748927020478464
    Buku yang mau dibeli: 1. http://www.pengenbuku.net/2013/10/tokyo-falling.html
    2. http://www.pengenbuku.net/2013/11/musim-dingin-di-osaka.html

    Jawaban:
    1. Osaka, Japan
    Karena saya ingin mengunjungi teman jepang saya di Osaka. Dan juga saya memang menyukai tempat-tempat bersejarah di Jepang. Dan Osaka memiliki itu, Osaka pun tidak jauh dengan Kyoto. Kyoto adalah kota sejarah di Jepang.
    Berikut adalah tempat-tempat bersejarah yang ingin saya kunjungi di Kyoto dan Osaka :
    -Festival Besar Kyoto
    -Kyoto National Museum
    -Kiyomizudera
    -Kyoto Tower
    -Kyoto City Zoo
    -Kuil Fushimi Inari
    -Kuil Kiyomizu
    -Arashiyama
    -Tō-ji
    -Istana Osaka
    -Floating Garden Observatory Osaka Aquarium dan futuristik
    -Universal Studios Jepan

    2. London
    Orang bilang Paris itu kota paling romantis di dunia. Namun menurut saya London lebih romantis dan menarik bagi saya. JIka saya ke London, saya ingin sekali mengunjungi Big Ban dan berjalan melewati jembatan yang berada di bawah jam besar itu.
    Tempat yang ke dua adalah, saya ingin mengunjungi museum dari tokoh detektif fiksi yaitu Sherlock Holmes. Yang diciptakan oleh penulis misteri, Sir Arthur Conan Doyle. Tepatnya di, Baker Street 221B

    3. Karimunjaya, Indonesia
    Yup, saya ingin sekali berkunjung kesana. Kneapa?
    Karena selain tempatnya di Indonesia. Karimunjaya mempunyai bayak keungulan di bandingkan dengan Bali. Karimujaya memiliki pantai yang lebih eksotis dibandungkan dengan Bali, dan harga untuk akomodasinya pun sangat terjangkau. Saya ingin sekali divving dan snorkling di pantai Karimunjaya. Saya sudah melihat beberapa gambar yang begitu luarbiasa indahnya di pantai Karimunjaya.

    Untuk buku sendiri saya lebih suka membaca buku terjemahan seperti karya Sir Arthur Conan Doyle dan Agtha Christie. Namun akhir-akhir ini saya sedang terlena membaca novel romance dalam negeri. :3

    BalasHapus
  21. Nama: Yuni Ayu Amida
    Email: yuniayuamida@yahoo.com
    twitter: @yuniamidong
    Link: http://yamidong.blogspot.com/
    Link share: https://twitter.com/YuniAmidong/status/423819103258677248
    Buku yang saya ingin beli:
    1. http://www.bukukita.com/Buku-Novel/Petualangan/102311-SUPERNOVA--2-:-AKAR.html
    2. http://www.bukukita.com/Buku-Novel/Romance/100686-Tentang-Cinta.html

    Saya ingin ke Papua atau ke kota-kota miskin di Indonesia lainnya. Bagi saya, bahagia itu bukan saat saya berada dalam lingkungan mewah, namun saat saya berada di bawah tapi dapat membuat orang sekitar saya merasa mewah, dalam artian saya bahagia bila saya berguna bagi orang lain. Ya! Saya ingin kesana karena saya ingin membantu mereka. Saya ingin meringankan beban mereka. Tegakah kita berangan-angan meraih kebahagiaan di negeri luar, padahal kita tahu, saudara kita di negeri sendiri masih membutuhkan kita! Mereka butuh uluran tangan kita! Masihkah kita berpikir esok kita akan berlibur kemana sedangkan mereka masih bertanya-tanya esok makan apa!! Saya tahu, saya belum mampu melaksanakan angan ini, yang saya bisa saat ini sebatas menyampaikan doa, berharap kehidupan mereka menjadi layak di tiap harinya.
    Ya, semoga penguasa negeri ini mendengarnya! Mendengar rintihan rakyat yang terlantar~

    Selama ini saya lebih tertarik membaca buku dari penulis lokal! Ya, saya mencintai produk-produk lokal! Karena novel-novel dalam negeri tidak kalah hebat dari novel terjemahan :)

    BalasHapus
  22. Nama: Amelia Aura
    email: ameliaura66@gmail.com
    twitter: @meliarawr
    link review: https://www.goodreads.com/user/show/11783687-amelia
    udah difollow dong, udah lama :p
    share: https://twitter.com/meliarawr/status/424181257098891264
    follow GFC: Alexaaxoxo
    link tokbuk: bukabuku.com
    Jawaban:
    1. Pengen ke: Shakespeare's Globe Theatre! ngidam banget pengen mengunjungi tempat yang spektakuler ini di Soutwark, tepi Selatan Sungai Thames. Tempat ini merupakan sebuah taman bermain anak terbuka dimana penulis drama, Shakespeare, banyak menulis drama terbesarnya di sini! Dari hasil googling, teater ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Bagi orang dewasa dikenakan biaya 10.5 Euro (sekitar Rp.142 ribu) sedangkan anak-anak dikenakan biaya 6.5 euro (sekitar Rp.88 ribu). Pertunjukan drama di Globe Theatre hanya ada pada musim panas saja--maka dari itu aku pengen ke Inggrisnya pada bulan Mei :p kunjungan dan tur berkeliling teater masih dibuka untuk umum sepanjang tahun. Kalau ada duit cukup, aku akan melakukan Tur dengan pemandu di Globe Theatre yang diadakan diadakan setiap setengah jam mulai pukul 10.30 pagi sampai dengan pukul 5 sore.
    AAHH, pasti berkesan banget pernah kesana buat booklovers seperti aku :') Shakespeare, boo, plis deh!
    Masih di Inggris (kota impianku no. 1 gituloh, aku juga pengen kuliah disana, tepatnya di Cambridge #aminindong wkwk), destinasi keduaku: Istana Kensington. Istana Kensington di London ini telah dibangun oleh generasi perempuan kerajaan dari Queen Mary ke Victoria dan baru-baru ini Diana, Princess of Wales. Istana ini memiliki beberapa taman dengan gaya elegan seperti Sunken Garden, sebuah oasis yang tenang dan nyaman dan merupakan tempat yang tepat untuk bertamasya. Istana ini merupakan tuan rumah dari berbagai pameran yang menarik sepanjang tahun yang buka setiap hari dari pukul 10.00-18.00 waktu setempat dengan tiket masuk 12.5 Euro (sekira Rp170 ribu).
    The State Apartments adalah bagian dari Istana Kensington yang dibuka untuk umum. Tempat ini terletak di dalam kompleks taman yang tenang dan asri di sebelah barat kota London.
    Yang pengen banget aku lihat di Istana ini yaitu lukisan Odysseus raja Yunani legendaris (gue juga penggemar berat mitologi Yunani, bo!) yang berada di langit-langit ruangan The King's Gallery.
    By the way, Istana Kensington denger-denger bakal jadi rumah resmi-nya Pangeran William dan Kate Middleton loohh... uuuu... kereeenn boleh dong aku numpang *eehh XD

    2. Kali ini sih lagi menggandrungi karya2 lokal bergenre traveling #uhuk dan horor. Ini, ciyus loh, bukan sekedar rayuan wkwk. Sampe bikin wishlist khusus genre buku itu. Pengen ngoleksi, boo... hihihi...
    Kenapa traveling? karena gue seneng dibuat ngiler berat sama si traveling writer #lah gara-gara aksesoris alias foto-fotonya yang keren2 abis! Sukses dah bikin gue bercita-cita keliling dunia. Kalau horor, mungkin karena kesambet setan kaliya :p

    BalasHapus
  23. Nama: Yustie Amanda
    email: yustieamanda@gmail.com
    twitter: @yyyustie
    link review: http://yustieamanda.blogspot.com
    share: https://twitter.com/yyyustie/status/424195859547308033
    udah follow GFC dan twitter
    link buku: maaf kalo banyak, tapi semua dibawah 70rb kok :3 hehehe
    http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000191026/dunia-mara.html
    http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/28061/shit-happens-gue-yang-ogah-kawin-kok-elo-yang-rese-buku-obral-agromedia-2-.html
    http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/25524/beauty-the-bitch-buku-obral-agromedia-1-.html
    http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/51356/tolong-radith-membuat-saya-bego-.html
    Jawaban:
    1. destinasi pertama jatuh ke Rajaampat Papua, di sana keren banget tempatnya, Deborai Resortnya juga keren, lautnya bersih, sunsetnya bagus. dan Rajaampat tuh asyik buat diving, pengen kenalan sama biota air yang ada di sana, kerennya bikin ngiler deh.
    2. Mekkah, tujuannya udah pasti jelas, menunaikan ibadah haji. siapa sih muslim yang gak mau menginjakan kakinya di tanah suci? pengen kesana, pengen lebih dekat dengan-Nya, pengen berkumpul dengan muslim-muslim sedunia.
    3.Yunani, karena pengen ngebuktiin ucapan sepupuku yg bilang kalau wanita tercantik ada di sana, hehe. Lagian aku penyuka dewa-dewi yunani juga ingin singgah ke Athena, memelajari seluk beluk negeri yang indah akan pengetahuan itu. Walau hanya sebatas bangunan tua, tapi aku bisa berimajinasi mengkhayalkan kehidupan di masa lampau kok.

    tergantung genre, kalau fantasy aku lebih suka buku terjemahan, tapi kalau romance aku lebih suka penulis lokal karena lebih dekat dengan kehidupan kita.

    BalasHapus
  24. Nama: Novia Nurullita
    Email: novianurullita@gmail.com Twitter: silver_linen
    Link untuk review: dailips.tumblr.com Link share: https://mobile.twitter.com/Silver_Linen/status/424193564659044353?p=v
    Buku yang ingin dibeli: http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/84279/kereta-tidur.html Buku yang ingin dibeli: http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000155141/jika.html

    Negara idaman saya adalah negara-negara Skandinavia; Swedia, Denmark, Finlandia, Norwegia. Saya ingin sekali bisa pergi ke negara-negara tersebut. Melihat secara langsung bangunan-bangunan abad pertengahan yang menakjubkan, mengunjungi desa-desa hijau yang dipenuhi ladang bawang yang sedang berbunga dan padang bunga. Menelusuri hutan-hutan pinus. Memanjakan mata dengan indahnya aurora borealis. Mengunjungi taman frogner. Mempelajari budaya masyarakatnya. Merasakan makanan khas Skandinavia dan masih banyak hal-hal lain yang ingin saya lakukan di sana.

    Islandia. Yup. Gara-gara Bjork, Jonsi, dan musisi-musisi nyeleneh nan gila, saya ingin mengunjungi Islandia, dengan kota-kota yang namanya susah saya tuliskan dan dieja. Ingin lihat gedung Harpa secara langsung dan juga ingin ketemu Eldhus, restoran kecil yang keliling-keliling. Mudah-mudahan suatu hari nanti saya bisa ke sana ya. Amin.

    Saya lebih suka baca buku impor. Karena hobi baca saya dimulai dari baca buku impor. Dari dulu baca buku lokal, semacam teenlit gak pernah selesai, tapi sekarang saya lagi "belajar" baca buku lokal. Kalau menang, bukunya buat saya "belajar".

    BalasHapus
  25. Giveaway resmi saya tutup, terimakasih untuk semua yang sudah ikutan. Tunggu kabar pengumuman pemenang dalam beberapa hari :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...