Sabtu, 28 Desember 2013

Book Kaleidoscope 2013 - Day 3 : Top Five Best Book Covers


Saya rasa tema cover buku akan selalu jadi tema yang disukai, karena walaupun kita terus diingatkan untuk tidak melihat buku dari covernya, tapi tidak bisa dipungkiri kalau cover memegang peranan vital dalam penjualan suatu buku. Saya jadi teringat akan suatu buku remaja yang ratingnya bagus dan berharap diterbitkan di Indonesia, tapi sesudah diterbitkan LOL yang ada banjir protes sana-sini gara-gara covernya yang 'ngga banget' dan saya pun yang tadinya berniat beli terjemahan, akhirnya memutuskan untuk menabung dan membeli buku aslinya saja karena, simply I hate the translation cover

Tema ini agak mirip dengan Boookish Top Ten: 10 Best Cover. Jadi pilihan saya pun mungkin bakal banyak yang mirip-mirip. Hanya saja, untuk kaleidoskop, pilihan saya hanya menyangkut buku-buku yang saya baca di tahun 2013 saja. Jadi inilah Top Five Best Book Covers versi saya:

5. 

DAUGHTER OF SMOKE AND BONE. Saya selalu suka cover yang mempunyai latar belakang warna hitam. Walau dalam DOSB, lebih tepat disebut hitam kebiruan.  Tapi alasan utama saya memasukkannya dalam book kaleidoscope 2013, karena kesederhanaan covernya, yang hanya ada gambar bulu berwarna putih kebiruan yang tampak mengeluarkan asap. Bagi saya less is more

4. 

THER MELIAN - ANTHOLOGY. Alasan saya sederhana saja, karena saya suka warna biru, angkasa, latar malam dan gambar siluet 2 orang yang saling berdekatan, sehingga memberi kesan romantis. 

3. 

KRISTALISASI: SEPULUH KISAH VANDARIA SAGA.  Seandainya saya tidak tahu apa itu Vandaria, saya akan berpikir kalau buku ini sejenis walktrough game. Saya selalu suka buku yang covernya itu seperti anime, dan cover Kristalisasi memang tampak seperti anime. 

2. 

THE HOBBIT. Baiklah, saya memang sering bilang kalau saya nggak suka buku yang covernya dari cover film atau gambar orang. Tapi The Hobbit adalah pengecualian untuk saya. Karena saya suka dengan gambar Bilbo yang sedang membuka pintu, siap melangkah pergi keluar yang di hadapannya terhampar gambar pemandangan pedesaan yang indah dengan sinar matahari sore. Maksud saya, komposisi warna di covernya itu semuanya serba serasi. 

1. 

WHERE THE MOUNTAIN MEETS THE MOON. Rasanya salah bila saya tidak memasukkan cover buku ini ke book kalaidoscope 2013. Karena cover ini juga lahir langsung dari coretan tangan sang penulis. Sekali melihat cover ini, saya langsung tahu kalau ini akan bercerita tentang negeri Cina, karena ilustrasinya sangat mirip dengan lukisan klasik dari negeri tirai bambu tersebut, hanya saja dengan warna-warna yang lebih ceria dan cerah. 

Mau ikutan Book Kaleidoscope 2013 juga? Lihat caranya di blog Fanda Classiclit

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...