Minggu, 29 Desember 2013

BOOK REVIEW : SIMPLE THINKING ABOUT BLOOD TYPE


★★★
Judul Buku: Simple Thinking About Blood Type
Pengarang: Park Dong Sun 
Penerbit: Haru
Jumlah Halaman: 260 Halaman
Penerjemah: Achie Linda, Penyunting: Nyi Blo, Proofreader: Yuli Yono
Segmen: Semua Umur
Genre: Komik, Novel Grafis
Harga: Rp 58.000 ( beli di bukabuku 20% off jadi Rp 46.400)


Saya paling suka, membaca buku yang membahas mengenai jenis-jenis karakter dan sifat manusia. Karena saya selalu merasa kalau saya ini aneh. Walau sudah sering dengar mengenai penggolongan karakter melalui golongan darah, tapi saya belum berkesempatan membacanya. Jadi saat tahu ada komik yang membahas mengenai golongan darah, maka tanpa ragu langsung saya masukkan ke buying list dan saya tidak timbun lho. Hari itu buku datang, maka hari itu juga saya langsung baca dan SELESAI. Heheheh, enaknya baca komik karena dijamin pasti bacanya cepat. 

Seperti yang kita tahu, ada 4 jenis golongan darah, yaitu A, B, O dan AB. Buku ini membahas secara umum sifat-sifat manusia berdasarkan golongan darahnya, yaitu:
  • Golongan darah A: Sangat menyukai keteraturan, taat peraturan, berhati-hati, cenderung pesimis, kalem.
  • Golongan darah B: Kebalikan golongan darah A, suka kebebasan, kreatif, dan kadang bertindak semaunya.
  • Golongan darah O: optimis, suka mengatur orang lain, jujur, tegas dan suka menjadi spesialis dalam suatu bidang pekerjaan.
  • Golongan darah AB: Gabungan dari sifat golongan darah A dan B, analitis, logis, tidak suka bila ruang pribadinya diganggu, cenderung hidup dalam dunianya sendiri.
Secara umum, apa yang dibahas dalam buku ini ada benarnya, walau untuk saya pribadi cuma 50%. Saya ini  bergolongan darah AB. Dan memang, saya sangat tidak suka apabila kebebasan pribadi saya diganggu, makanya saya cenderung menyendiri. Tapi golongan darah AB juga dibilang suka politik dan kekuasaan. Kalau yang itu, justru sangat berlawanan dengan saya. Karena sekiranya untuk sekarang, saya tidak suka dengan politik jenis apapun dan juga buka tipe yang suka menguasai.

Park Dong Sun sukses membuat saya cengar-cengir dengan coretan gambarnya saat membandingkan karakteristik tiap golongan darah dalam beberapa hal.


Tentu saja, penulis pun mengakui, semua sifat itu masih dipengaruhi unsur-unsur lain, seperti lingkungan keluarga, budaya, adat istiadat, agama, dll. 

Untuk negara Indonesia, mungkin melihat sifat berdasarkan golongan darah masih belum populer, tapi lain halnya di negara-negara asia timur macam Jepang dan Korea. Bahkan di Jepang, banyak perusahaan yang  memilih karyawannya berdasarkan golongan darah.

Kalau saya lihat dari segi popularitas, golongan darah B yang paling populer karena sifat mereka yang cenderung pemberontak dan apa adanya atau lain daripada yang lain. 

Sementara, golongan darah A suka dianggap membosankan karena ada kecenderungan OCD, makanya kadang orang bergolongan darah A suka menyangkal dan berkata kalau sifat mereka tidak mirip golongan darah A, dan di buku ini juga ada kok adegan komiknya saat orang golongan darah A (hal 90) bilang kalau mereka tidak seperti golongan darah A, tapi lebih mirip O atau B. Dan dari pengamatan saya, memang benar adanya, orang golongan darah A sering menganggap mereka tidak mirip A, padahal menurut saya, golongan darah A cukup keren kok, mereka tipe yang bisa tetap tenang saat situasi dalam kondisi tak terkendali. (kata di buku) 

Sementara itu, orang bergolongan darah B cenderung bereaksi agak keras saat ditanya apa golongan darah mereka karena stigma negatif yang didapat mereka sebagai orang bergolongan darah B.


Bagaimana dengan orang golongan arah O? Setahu saya, O adalah jenis golongan darah paling umum atau universal, mereka seperti kebanyakan orang pada umumnya, cenderung fleksibel dan gampang menyesuaikan diri. Golongan darah O juga paling banyak, 30% lebih penduduk dunia adalah O, sementara golongan darah saya AB paling sedikit, cuma 4% dari total penduduk dunia. Di rumah juga hanya saya saja yang bergolongan darah AB. Papa saya B, Mama A, adik B dan saya AB.


Bagaimana dengan dengan golongan darah AB? AB yang paling aneh, karena mereka akan bertanya balik saat ditanya, heheheh. Saya kadang juga suka begitu, kalau lagi moody.


Satu-satunya kekurangan yang saya rasakan pada buku ini adalah, pembahasannya kurang banyak. Heheheh. 

Terlepas dari apakah kita percaya bahwa sifat seseorang ditentukan berdasarkan golongan darahnya, tapi semoga dengan membaca buku ini kita bisa lebih memahami sifat seseorang dan membantu kita dalam berinteraksi dengan orang lain di sekililing kita. Contoh, apabila kita mempunyai teman yang bergolongan darah AB, maka jangan anggap ia aneh hanya karena ia merasa hidup dalam dunianya sendiri #iyainicurhat sebaliknya coba pahami dan bantu bagaimana agar dia bisa mengekspresikan apa yang selama ini ada dalam pikirannya. Pada dasarnya (kata buku) golongan darah AB itu penyayang. 

Untuk saya sendiri, saya percaya-percaya saja bahwa karakter seseorang memang ada dipengaruhi oleh golongan darah, zodiac, shio, tapi tidak 100%, sisanya adalah faktor luar seperti kondisi lingkungan, adat isitiadat dan juga agama dan jangan lupakan satu faktor paling penting yaitu free will.

4 komentar:

  1. Ada satu lagi yg mengganjal di dada dari buku ini: terjemahannya. apa gara2 dari bahasa korea trus pas diterjemahin ke bahasa indonesia jadi aneh? trus informasinya kadang enggak konsisten lagi.
    Nih salah satu ketidakkonsistenannya:
    (hal 21) Golongan darah AB sangat tertarik dengan kekuasaan dan politik
    hal 184: Jegalgongmyeong diduga bergolongan darah AB, karena dia TIDAK TERTARIK pada hal pemerintahan dan kekuasaan tinggi. kok berlawanan?

    Author, iya aku tau ini dari bahasa korea, mungkin di korea sana antara kata 'tidak' dengan 'sangat' itu beda tipis.. tapi kalo udah diterjemahin kan jadi beda juauh? sebaiknya hal2 kayak gini diperhatikan karena bikin bingung dan justru menimbulkan pertanyaan: jadi yang bener yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kamu detil banget perhatiin sampai bagian yg itu.

      Hapus
    2. Mungkin dia berasal dari golongan AB?

      Hapus
  2. permisi mau nanya bukunya itu beli dimana yaaa?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...